Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Marzuki Alie mengatakan pansus (panitia khusus) angket Century akan dibentuk menjelang masa reses 4 Desember 2009 dalam rapat paripurna DPR penutup masa sidang.

"Tanggal 4 Desember 2009 dalam paripurna DPR penutupan masa sidang itu, kita langsung membentuk pansusnya," katanya di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, sidang paripurna DPR tanggal 1 Desember 2009 hanya mengesahkan hak angket menjadi hak anggota dewan. "Tanggal 1 Desember sidang paripurna DPR akan mengesahkan usul hak angket Bank Century menjadi hak anggota Dewan," kata Marzuki setelah memimpin Rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR.

Meski pembentukan pansus itu mepet dengan masa reses DPR 5 Desember 2009, Marzuki tak mempermasalahkan hal itu. Bahkan dia mempersilakan pansus terus bekerja sesuai dengan agendanya. "Kalau kemudian DPR reses, silakan saja mereka bekerja," ujarnya.

Sedangkan soal posisi pimpinan panitia angket, dia mengatakan hal tersebut akan dibicarakan di internal panitia angket. "Saya kira itu soal aspek proporsionalitas anggota, jadi kita sesuaikan saja dengan tatib (tata tertib). Ada 30 orang jumlah anggotanya, ya tinggal dibagi saja," katanya.

Soal pimpinan pansus angket dari F-PD, kata Marzuki, itu nanti dibicarakan di pansusnya. "Saya belum dapat berita dari Anas Urbaningrum (Ketua Fraksi Partai Demokrat/Red). Nanti ketua fraksinya yang memutuskan," katanya.

Ketika ditanya kemungkinan F-PD tak memimpin pansus, Marzuki menghargai pendapat-pendapat tersebut. Namun yang lebih penting harus menghormati hasil pemilu. "Lha kan semuanya mengusulkan angket Century. Jadi, itu kan ada sembilan fraksi yang mengusulkan, hanya ada yang mengusulkan duluan dan ada yang belakangan," katanya.

Hal yang sama juga dikatakan Wakil Ketua DPR, Pramono Anung, DPR menargetkan susunan anggota Pansus akan selesai pada 4 Desember. "Pembentukan pansus paling lambat sebelum masa reses pada 4 Desember. Saya berharap pada tanggal 1 Desember fraksi sudah punya nama-nama," katanya.

Dia berharap pansus menjawab keraguan publik. Selama satu bulan, tidak ada aktivitas Dewan. Para anggota Dewan mengunjungi konstituen di daerah pemilihan masing-masing. "Kita berharap pansus bisa menjawab keragu-raguan publik. Dan salah satunya pertemuan seperti ini secara formal perlu," katanya. (*)

Pewarta: goent
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009