Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Golkar Priyo Budi Santoso mengatakan, Fraksi Partai Golkar mendukung Fraksi PDI Perjuangan menjadi pimpinan panitia khusus (Pansus) angket Bank Century, karena fraksi itu sebagai penggagas.

"Siapapun memiliki peluang menjadi pimpinan Pansus angket Bank Century, tapi idealnya penggagas murni yang memimpinnya," kata Priyo Budi Santoso usai rapat Badan Musyawarah (Bamus) di Gedung DPR, Kamis sore.

Priyo mengatakan, usul hak angket Bank Century digagas Fraksi PDI Perjuangan, sehingga idealnya anggota dari fraksi tersebut yang memimpin Pansus.

Menurut dia, dalam rapat Bamus belum dibahas bagaimana mekanisme pemilihan pimpinan Pansus angket Bank Century, tapi baru akan dibahas pada rapat paripurna, Jumat (4/12).

Pada rapat Bamus Kamis, kata dia, mereka baru menyepakati anggota Pansus sebanyak 30 orang dengan komposisi perwakilan dari fraksi pengusul berdasarkan azas proporsional.

Daftar nama perwakilan fraksi tersebut disampaikan pada rapat paripurna, Selasa (1/12), serta pemilihan pimpinannya pada rapat paripurna selanjutnya, Jumat (4/12).

Menurut dia, hendaknya pimpinan Pansus angket Bank Century dipilih dari enam fraksi pengusul yang sudah mengusulkan sejak awal, karena mereka yang mengusulkan secara murni.

Keenam fraksi tersebut adalah FPDIP, FPG, FPKS, FPAN, FGerindra, dan FHanura. Sedangkan tiga fraksi lainnya, yakni FPD, FPPP, dan FPKB baru bergabung sebagai pengusul setelah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melaporkan hasil audit investigasinya, pada Senin (23/11).

Menurut Priyo, jika pemilihan pimpinan Pansus angket Bank Century berdasarkan azas proporsionalitas, maka yang paling berpeluang memimpin Pansus adalah anggota dari FPD karena jumlah anggotanya paling banyak.(*)

Pewarta: luki
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009