London (ANTARA News/AFP) - Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings menurunkan peringkat dua perusahaan publik terkemuka Dubai pada Kamis, segera sesudah seruan mengejutkan emirat untuk menangguhkan utang negara konglomerat utama.

Lembaga menurunkan peringkat jangka panjang "Issuer Default Ratings" dari Dubai Holding Commercial Operations Group LLC (DHCOG) dan Dubai Electricity and Water Authority (DEWA) dari `A-` menjadi `BBB-`, masing-masing dengan "Rating Watch Negative" dan Outlook Negatif.

"Di atas entitas perusahaan yang memiliki operasional kuat dan hubungan strategis dengan pemerintah Dubai dan penurunan peringkat mencerminkan penilaian kembali Fitch dari kemampuan pemerintah Dubai untuk mendukung mereka," kata lembaga itu.

Pemerintah Dubai mengejutkan pasar keuangan pada Rabu ketika mengatkan akan meminta kreditor dari konglomerat Dubai World untuk moratorium utang sekurang-kurangnya enam bulan.

Fitch mengatakan "usulan perhentian kewajiban pada Dubai World ... adalah kejutan utama bagi sentimen negatif di Dubai, UEA dan kawasan lebih umum.

"Ini akan membuat tekanan lebih lanjut pada entitas yang perlu pembiayaan kembali, paling tidak dalam jangka pendek, sampai rincian dari restrukturisasi Dubai World menjadi jelas."(*)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009