Bakauheni, Lampung Selatan,(ANTARA News)- Arus penumpang yang tiba di Pelabuhan Bakauheni meningkat pada Kamis malam hingga Jumat dini hari.

Manajer Operasional PT Indonesia Ferry ASDP Cabang Bakauheni, Zailis Anas, mengatakan di Bakauheni, Jumat, peningkatan penumpang kapal feri dalam bus dan penumpang pejalan kaki yang tampak meningkat dalam pelayaran setiap kapal feri dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni.

Dia mengatakan, peningkatan para pemudik terjadi sejak pukul Jumat 17.00 WIB hingga Jumat dini hari.

Bus yang turun di Pelabuhan Bakauheni selalu penuh penumpang. "Arus mudik didominasi oleh kendaraan pribadi dan bus, sedangkan jumlah penumpang pejalan kaki naik, namun masih dalam hitungan normal," katanya.

Meskipun jumlah penumpang meningkat, keberangkatan kapal feri masih normal. Namun jumlah penumpang di setiap pemberangkatan kapal bertambah.

"Jumlah penumpang mungkin hanya meningkat sebanyak 4.000 penumpang pada hari Kamis kemarin hingga malam hari," ujar dia.

Dia memprediksikan peningkatan penumpang akan terjadi kembali pada hari Sabtu dan Minggu (28-29 November) dari Pelabuhan Bakauheni menuju Merak, karena hari Senin mereka akan beraktivitas seperti biasa.

Dia memperkirakan peningkatan jumlah penumpang mencapai 10 persen dari hari biasanya.

Jumlah kapal roro yang beroperasi berjumlah 23 armada, sedangkan enam armada kapal cepat tidak dioperasikan sejak 26 November 2009 lalu.

Sementara itu, jalan lintas Sumatra (jalinsum) terlihat lebih lengang pada Jumat siang dibandingkan hari biasa.

Hanya sedikit truk barang yang melintasi jalan lintas itu, namun kendaraan pribadi dan bus antarprovinsi banyak melintas dari arah Bakauheni menuju Bandarlampung dan daerah lainnya di Sumatra.(*)

Pewarta: luki
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009