London (ANTARA News/Reuters) - Striker Belanda Robin van Persie harus beristirahat minimal empat bulan setelah hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa cedera pergelangan kakinya ternyata lebih parah dari perkiraan sebelumnya.

"Untuk memulihkan pergelangan kakinya, Robin akan menjalani pembedahan pekan depan di Amsterdam untuk rekonstruksi persendiannya," demikian Arsenal dalam pernyataannya, Sabtu.

"Tim medis klub memperkirakan proses pemulihan akan memakan waktu antara empat dan lima bulan," kata Arsenal.

Van Persie harus digotong keluar lapangan saat pertandingan persahabatan antara Belanda dan Italia awal bulan ini setelah jatuh karena diganjal oleh Giorgio Chiellini.

"Semula akibat cedera tersebut diperkirakan ia harus istirahat empat sampia enam pekan," kata Arsenal.

"Menurut spesialis cedera pergelangan kaki Mr Niek van Dijk dampak yang lebih luas dari diagnosa pertama," demikian pernyataan Arsenal yang saat ini berada di urutan tiga klasemen Liga Utama Inggris.

Pemain berusia 26 tahun itu musim ini cukup produktif. Ia telah mencetak delapan gol dalam 11 penampilannya di klub Liga Utama Inggris itu, yang akan menantang pimpinan klasemen Chelsea hari Minggu ini.

Cedera pergelangan kaki dan proses pemulihan yang cukup lama tersebut juga mengakibatkan Van Persie harus berpacu dengan waktu agar dapat pulih untu tampil di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan bulan Juni. (*)

Pewarta: luki
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009