Bogor (ANTARA News) - Debit air di Bendungan Katulampa Bogor, Jawa Barat, kembali dalam batas normal 40 centimeter sehingga status siaga IV sudah dicabut.

Status sudah kembali normal. Debit air di bendungan Katulampa yang terletak di Kecamatan Katulampa, Kota Bogor Timur ini hanya 40 cm, kata Kepala Penjaga Bendungan Katulampa, Andi Sudirman, Minggu.

"Sebelumnya tinggi air sempat 90 cm pada Rabu pagi sewaktu hujan mengguyur Bogor dari malam hingga sore hari, tapi sudah dua hari ini kembali normal," ungkapnya

Sementara itu dengan menurunnya debit air di Katulampa pengawasan yang dilakukan sedikit longgar

"Kita tetap mengawasi, jika kondisi normal pengawasan setiap tiga jam, tapi jika status siaga pengawasan 24 jam penuh," ujarnya.

Dalam pengawasan bendungan pihaknya juga berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bogor untuk memonitor cuaca.

"Kita selalu berkoordinasi dengan BMKG, saat ini cuaca di Bogor cukup normal, intensitas hujan sedang hingga ringan terjadi malam hingga pagi hari. Ini memudahkan kita untuk mengawasi bendungan," ujarnya

Normalnya debit air di bendungan Katulampa, dipastikan untuk sementara Jakarta aman dari banjir. "Untuk sementara ini Jakarta masih aman dari Banjir," ungkapnya

Ia mengatakan, akan terus mengawasi kenaikan air selama musim hujan ini. Pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan Dinas PU DKI, Balai Besar Ciling Cisadane, Pemprov DKI Jakarta dan Penjaga Pintu Manggarai.

"Bagitu air naik kami akan langsung melaporkan hal ini agar ditindaklanjuti karena bendungan Katulampa merupakan pengendali bajir," katanya.
(*)

Pewarta: mansy
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009