Padang (ANTARA News) - Warga diminta untuk mewaspadai ruas jalan Padang-Painan tempatnya di daerah Bungus Kecamatan Bungus Teluk Kabung (Bungtekab) Kota Padang, Sumatra Barat, karena rawan longsor.

"Untuk mengantisipasi timbulnya korban jiwa, kita meminta warga mewaspadai terjadinya longsor pada ruas jalan Padang-Painan tersebut," kata Koordinator Satkorlat Penanggulangan Bencana (Satkorlat PB) Sumbar, Ade Edwar, di Padang, Minggu (29/11).

Menurut dia, daerah tersebut sering kali terjadi longsor kecil jika hujan lebat mengguyur Kota Padang.

"Daerah Bungus, waktu terjadi gempa beberapa bukit yang ada sudah mengalami retak, lanjut Ade Edwar, apalagi kondisi tanah masih labil.

Dia mengatakan tingginya curah hujan di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) yang dirasakan saat ini menyebabkan sejumlah permukiman warga di Kota Padang rawan terkena banjir dan longsor.

"Untuk Kota Padang saat ini, banyak terdapat titik-titik yang rawan longsor seperti di Bukit Air Manis, Bungus, Bukit Lantiak, Bukit Gado Gado, Kuburan Turki, Lubuk Begalung, dan Sitinjau Laut",katanya.

Di sejumlah jalur jalan, seperti Padang-Solok, Padang-Padangpanjang, juga rawan longsor, karena itu dia mengimbau masyarakat untuk mewaspadai banjir dan longsor yang akan terjadi.

"Diminta kepada masyarakat pengguna jalan agar berhati-hati jika hujan lebat, longsor akan mengancam para pemakai jalan, beberapa daerah Sumatra Barat kondisi bukitnya masih labil", katanya.(*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009