Washington (ANTARA News) - Bank Dunia, Senin, mengatakan, pihaknya telah melarang anak usaha Siemens Jerman yang berada di Rusia untuk ikut berpartisipasi dalam proyek milik Bank Dunia selama empat tahun karena ada bukti-bukti terjadi kecurangan dan korupsi.

Limited Liability Company Siemens (000 Siemens) mulai efektif dilarang pada 25 November akibat adanya keterkaitan dengan praktik curang dan korupsi di proyek yang dibiayai Bank Dunia,seperti dilaporkan AFP.

Tindakan itu menyusul investigasi oleh Bank Dunia terhadap praktik-praktik korupsi dalam proyek transportasi di Rusia yang dibiayai lembaga keuangan pembangunan tersebut yakni Moscow Urban Transport Project, saat itu pelanggaran yang dilakukan unit Siemens Rusia terjadi sebelum 2007.

Bank Dunia pada Juli mengumumkan institusinya telah melakukan penyelesaian menyeluruh dengan Siemens AG setelah perusahaan teknologi komunikasi Jerman itu mengakui kesalahan tindakan di masa lalu.

Berdasarkan perjanjian itu, Siemens berjanji untuk membayar 100 juta dolar AS selama 15 tahun ke depan untuk mendukung program kerja antikorupsi dan secara sukarela selama dua tahun tidak ikut dalam penawaran bisnis Bank Dunia untuk seluruh anak usahanya dan afiliasi usahanya hingga 31 Desember 2010.

Perjanjian itu mencakup pula pelarangan selama empat tahun yang dikenakan kepada 000 Siemens.(*)

Pewarta: handr
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009