Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah akan mengajukan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan tahun 2010 paling lambat pada Maret tahun depan.

"Pemerintahan baru dimungkinkan mengajukan APBN-P pada bulan Maret 2010," kata Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Alisyahbana usai rapat persiapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Kantor Wapres Jakarta, Selasa.

Menurut Armida, biasanya APBN-P dilakukan pada bulan September namun karena adanya pemerintahan baru maka APBN-P bisa dimajukan pada bulan Maret.

"Intinya, untuk mengakomodasi program prioritas yang membutuhkan tambahan dana," kata Armida.

Armida mengatakan akan ada beberapa penyesuaian dalam APBN-P 2010.

Sementara mengenai Musrenbangnas, Mendagri Gamawan Fauzi menjelaskan, hal itu akan dilaksanakan pada 11 sampai 13 Desember 2009 di Jakarta, yang akan diikuti oleh 1.500 peserta dari seluruh Indonesia.

"Musrenbangnas saat ini agak istimewa karena bukan hanya rencana satu tahun tetapi ada rencana pembangunan menengah dalam lima tahun," kata Gamawan Fauzi.

Lebih lanjut Gamawan menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan rapat-rapat pleno di Musrenbangnas nanti akan dibagi dalam empat kelompok wilayah.

Kepala Bappenas Armida Alisyahbana menambahkan, dalam Musrenbangnas nanti akan disinergikan dan disinkronkan program-program pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

(*)

Pewarta: handr
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009