Kendari (ANTARA News) - Empat duta besar (Dubes) negara sahabat diundang menghadiri peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-6 Kabupaten Wakatobi, Sultra, yang jatuh pada 19 Desember 2009.

"Duta Besar Amerika Serikat sudah menyatakan kesediaan hadir pada acara seremoni hari jadi Kabupaten Wakatobi yang mekar dari induknya Kabupate Buton," kata Bupati Hugua di Kendari, Selasa.

Sedangkan, Duta Besar Inggris, Jepang dan Australia masih menunggu konfirmasi kepastian waktu mengingat padatnya acara para perwakilan negara sahabat tersebut.

Sasaran yang diharapkan pemerintah Kabupaten Wakatobi mendatangkan para duta besar adalah ingin membagi informasi tentang potensi dan prospek daerah dengan luas wilayah perairan 97 persen dan daratan tiga persen ke negara asal mereka.

"Pemkab dan rakyat Wakatobi yakin para duta besar akan menyebarluaskan potensi wisata bahari kabupaten ini ke negara mereka. Dipastikan menguntungkan dari segi promosi," katanya.

Rangkaian peringatan HUT Wakatobi akan dimeriahkan penampilan seni dan budaya masyarakat setempat dan kegiatan penting berskala nasional lainnya.

Anggota DPRD Wakatobi Laode Moane Sabara mengatakan terobosan pemerintah mempromosikan potensi wisata bahari ke berbagai negara di dunia patut mendapat dukungan.

"Jangan lihat darimana aliran politiknya dalam membangun daerah. Kalau berniat baik mari kita mendukungnya karena semata-mata demi kesejahteraan rakyat," kata Moane Sabara, politisi partai Demokrat.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009