Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Din Syamsuddin menyatakan, Muhammadiyah memberikan dukungan penuh pengusutan secara tuntas kasus Bank Century melalui hak angket yang akan dilakukan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Muhammadiyah sangat mendukung penggunaan hak angket kasus Century tersebut," katanya saat menyambut Tim Sembilan, di gedung PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Selasa.

Dengan dijalankannya angket tersebut, paparnya, sama saja dengan mengukuhkan sikap bangsa yang antikorupsi.

"Hak angket kali ini harus berhasil dan efektif, serta kasus tersebut harus diusut sampai tuntas," tegasnya.

Ia juga mengatakan, dalam acara tersebut Muhammadiyah memberikan `pil keberanian` moril kepada Tim Sembilan dan berharap ketua panitia angket nantinya agar jangan sekali-kali takut dan bisa ditipu-tipu.

Sedangkan juru bicara Tim Sembilan, Maruarar Sirait mengatakan, pihaknya akan membuktikan kepada masyarakat bahwa hak angket Century akan berguna dengan memberikan transparansi mengenai kasus tersebut hingga akhirnya dapat terungkap.

"Sebelumnya juga kami telah mendatangi beberapa tokoh bangsa untuk meminta dukungan karena kami tidak mau angket ini bernasib sama dengan yang lain," jelasnya.

Menurut Maruarar, melalui angket Century itu Tim Sembilan dapat melihat kesempatan emas untuk mendapat sedikit kepercayaan rakyat.

"Karena saat ini kami berada pada posisi yang sangat tidak dipercayai masyarakat sehingga substansi ini harus dilaksanakan," katanya.

Selain itu, ia menambahkan, kriteria yang harus dimiliki panitia angket adalah tidak bisa dibeli oleh siapapun, tidak bisa ditakut-takuti oleh apapun dan siapapun, serta tidak bisa dibodoh-bodohi.(*)

Pewarta: ferly
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009