Makassar (ANTARA News) - Tuan rumah Persipura menelan pil pahit setelah kalah 1-2 lawan tamunya Sriwijaya FC pada laga lanjutan Super Liga yang berlangsung di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Rabu sore.

Meski tampil dengan dukungan ratusan suporter baik dari masyarakat Papua yang menetap di Makassar hingga publik Makassar sendiri, namun tim Mutiara Hitam terlihat kesulitan mengembangkan permainan cepat yang mematikan seperti ciri khasnya selama ini.

Justru tim Persipura hanya mampu mengimbangi tim asuhan Rahmat Darmawan pada 10 menit babak pertama, selanjutnya seluruh permainan secara langsung menjadi milik tim tamu yang kali ini tampil dengan tim terbaiknya.

Pertandingan baru berjalan beberapa menit, tim Laskar Wong Kito sudah mampu menciptakan sejunlah peluang yang cukup membahayakan, seperti pada menit ke-3, penyerang Obiora nyaris membuat timnya unggul melalui tendangan yang cukup keras, namun masih bisa diamankan dengan baik oleh penjaga gawang Jendry Pitoy.

Sriwijaya yang sejak awal mengambil inisiatif penyerangan kembali mendapatkan peluang, namun kali ini oleh mantan penyerang Persitara Jakarta Utara Rachmat Rivai yang sukses memanfaatkan kesalahan lini belakang Persipura yang dijaga Bio Paulin dan Victor Igbonefo pada menit 9, meski tendangannya masih jauh dari sasaran.

Sementara Persipura yang kali ini tidak diperkuat sejumlah pemain pilarnya, hanya mampu melahirkan beberapa peluang seperti pada menit ke 15, Ian Kabes yang mendapat umpan matang dari kapten Persipura Eduard Ivak Dalam dari sisi kanan pertahanan Sriwijaya hampir membuat timnya unggul, namun sayang tendangan kerasnya masih beberapa senti dari mistar gawang.

Tak berselang lama, peluang itu langsung dibalas oleh pemain Sriwijaya melalui Rachmat Rivai pada menit ke 39 yang akhirnya sukses memperdayai kiper Jendry sekaligus membuat kedudukan menjadi 1-0 untuk Sriwijaya, hasil inipun tetap bertahan hingga berakhirnya babak pertama.

Babak kedua, Persipura yang tertinggal 0-1 berniat mengambil alih permainan, bahkan langsung melakukan tiga kali pergantian pemain, namun hal itu ternyata tidak membuahkan hasil sesuai harapan, anak anak Persipura kembali dipaksa untuk lebih bertahan.

Bahkan Persipura kembali tertinggal 0-2 pada menit ke-53 melalui gol indah Zah Rahan yang melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti, gol ini sempat membuat kubu tuan rumah makin frustasi.

Gol balasan Persipura akhirnya datang pada menit ke-82 melalui Alberto Goncalves yang mendapat umpan dalam kotak penalti, dengan sedikit melakukan aksi individu ia akhirnya sukses melesatkan sebuah tembakan mematikan hingga mengubah skor menjadi 1-2. Namun gol ini tidak dapat menyelamatkan Persipura dari kekalahan.

Susunan pemain :

Persipura : Jendry Pitoy, David Lally/Tinus Pae, Alberto Goncalves, Eduard Ivak Dalam (C), Ian Kabes, Gerard Pangkali, Hendra Ridwan/ Erol Iba, John Scarlet, Ortizan Salossa, Victor Igbonefo/Paulo Rumere, Bio Paulin (KK)

Sriwijaya : Andritany, Charis Yulianto, Amrizal, Precious Emmejareya (KK), Christian Warobay, Isnan Ali, Ponaryo Astaman, Zah rahan, Ketkh Kayamba, Obiora/Alamsyah, Rachmat Rivai/Nasuha.(*)

Pewarta: ferly
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009