Pekanbaru (ANTARA News) - Direktur Utama (Dirut) PT Riau Airline Samudra Sukardi mengundurkan diri dari jabatannya dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) karena berbeda pendapat dengan dewan komisaris yang semakin meruncing.

Pernyataan itu disampaikan Samudra dalam rapat tertutup yang dihadiri para pemegang saham dan Dewan Komisaris PT Riau Airline serta para direksi yang digelar di Hotel Jatra, Pekanbaru, Rabu.

"Saya menyatakan mengundurkan diri karena terdapat perbedaan yang tidak lagi bisa diselesaikan menyangkut ekspektasi, model manajemen dan cara berkomunikasi," katanya ketika keluar dari ruangan RUPSLB.

Dia menjelaskan ekspektasi yang diharapkan bersifat instan, namun dirinya menerapkan secara progresif, kemudian model manajemen yang dikehendaki adalah tidak berkomentar.

Padahal, menurut dia, model manajemen terbaik adalah bersifat persuasif. Selain iut, cara berkomunikasi yang diinginkan dalam penyediaan data maupun informasi adalah informal, sedangkan yang diterapkannya adalah format formal dan terjadwal.

"Perbedaan itu hanya merupakan pengamatan saya selama menjalankan tugas sebagai direksi dan dewan komisaris hanya melihat dengan hanya satu sudut pandang," ujarnya.

Sebelum rapat penentuan Dirut Riau Airline pada November 2008, Samudra menyatakan akan memajukan Riau Arline sebagai salah satu Badan Usaha Daerah (BUMD) yang andal sehingga harus lepas dari campur tangan birokrat sebagai pemegang saham mayoritas dan kebijakan sepenuhnya diserahkan pada korporasi.

Jika suatu perusahaan banyak dicampuri oleh birokrat maka perusahaan itu akan stagnan dan cenderung mengarah kepada "sapi perahan" kalangan birokrat, ujarnya ketika itu.

Samudra Sukardi terpilih menjadi Dirut Riau Airline dalam rapat RUPSLB 6 November 2008 dan selama memimpin perusahaan penerbangan milik pemerintah Provinsi Riau itu telah empat kali dilakukan RUPSLB.

Posisi Samudra sebagai Dirut RAL digantikan oleh Teguh Triyanto tanpa melalui proses uji kelayakan dan kepatutan dalam RUPSLB.

"Karena Pak Samudra mengundurkan diri maka posisinya digantikan oleh Teguh Triyanto dalam RUPSLB yang digelar hari ini," ujar Sekretaris Perusahaan Riau Airline Sutito Zainuddin.
(*)

Pewarta: handr
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009