Jakarta (ANTARA News) - Ketua Majelis Permusyawaratan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais meminta anggota Fraksi PAN DPR yang senior dan berpengalaman, menjadi anggota Panitia Khusus (Pansus) Angket Bank Century.

"Saya tidak mau menyebut nama siapa yang akan mewakili fraksi PAN pada Pansus Hak Angket Century, tapi hanya memberikan kriteria saja. Silakan diterjemahkan sendiri dan dipilih yang terbaik," kata Amin saat menghadiri rapat penentuan dua anggota Fraksi PAN sebagai anggota Pansus Century di Gedung DPR, Jakarta, Kamis.

Menurut Amien, anggota Fraksi PAN yang dipilih mesti memahami persoalan, tahan banting, tahan ancaman, tahan godaan dan suap, serta kader senior.

Fraksi PAN memiliki dua jatah kursi dari 30 kursi anggota Pansus Angket Bank Century, sesuai dengan tata tertib DPR.

Amin lalu mengingatkan kadernya dan para inisiator Hak Angket Bank Century untuk konsisten pada perjuangannya.

"Akan banyak godaan seperti amplop dan sebagainya," kata Amien.

Oleh karena itu, anggota pansus harus tahan semua godaan agar persoalan Bank Century bisa selesai dan menjadi transparan.

Anggota Fraksi PAN yang selama ini cukup aktif menyuarakan Hak Angket Bank Century adalah Chandra Wijaya yang duduk di Komisi VII. Salah satu anggota Tim Sembilan ini kemungkinan besar menjadi salah satu perwakilan Fraksi PAN di Pansus Century.

Nama-nama anggota Pansus Bank Century akan diumumkan pada rapat paripurna DPR, Jumat (4/12). Hari itu pula pimpinan Pansus yang terdiri atas satu orang ketua dan dua orang wakil, akan ditentukan.

Sesuai tata tertib DPR, anggota Pansus Bank Century berjumlah 30 orang dengan komposisi delapan orang dari Partai Demokrat, enam dari Partai Golkar, lima orang PDIP, tiga orang PKS, masing-masing dua orang dari PPP, PAN, dan PKB, serta masing-masing satu orang dari Gerindra dan Hanura. (*)

Pewarta: luki
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009