Manado (ANTARA News) - Operator selular Tri(3), PT Hutchison CP Telecommunication, menargetkan investasi satu miliar dolar Amerika Serikat(AS) atau sekitar Rp10 triliun di Indonesia hingga tahun depan, kata Direktur Komersial perusahaan itu, Suresh Reddy, di Manado, Jumat.

Investasi tersebut sebagian besar untuk perluasan jaringan di beberapa provinsi, diantaranya Sulawesi dan Kalimantan yang menjadi target pengembangan jaringan selular Tri tahun depan, kata Suresh.

Kualitas jaringan akan menentukan kehadiran selular ini, sehingga Tri akan menambah Base Tranceiver Station (BTS) di sejumlah tempat.

Hingga saat ini, kata Suresh, sudah 7.600 BTS dibangun di 22 provinsi menjangkau 3000 kecamatan sehingga jumlah pelanggan tumbuh tajam.

"Sampai triwulan ketiga tahun ini, tercatat jumlah pelanggan sebanyak 7,3 juta jiwa, menjadikan operator ini menduduki urutan keempat terbesar di Indonesia," kata Suresh.

Itu berarti pelanggan Tri naik 13,6 persen dibandingkan triwulan kedua atau meningkat 100 persen dari jumlah pelanggan di semester ketiga tahun 2008.

"Pemicu pertumbuhan selain perluasan cakupan layanan juga inovasi marketing diantaranya gratis sms, yang mendapat rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai tarif termurah di Indonesia," kata Suresh. (*)

Pewarta: mansy
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009