Depok (ANTARA News) - Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) akan menyelenggarakan International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS) 2009 pada 7 dan 8 Desember 2009 di Pusat Studi Jepang Kampus UI, Depok.

"Konferensi internasional ini akan dihadiri oleh Menteri Pendidikan Nasional RI (Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA), " kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono, di Depok, Jumat.

Selain Mendiknas juga dijadwalkan akan hadir Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Ir. Tifatul Sembiring) dan Rektor UI (Prof. Dr. der. Soz. Gumilar Rusliwa Somantri).

Dikatakannya, konferensi internasional dalam bidang ilmu komputer dan sistem informasi ini menghadirkan lima pembicara yaitu T. Usagawa (Kumamoto University, Japan), Steffen Holldobler (Technology University Dresden, German), Stephane Bressan (National University of Singapore, SNG), Masahiro Ohka (Nagoya University, JPN) dan K. Sekiyama (Nagoya University, Japan). Beberapa di antaranya adalah para ahli modern logic, ahli digital signal processing dan ahli robotic.

Ia mengatakan ICACSIS 2009 akan melibatkan para peneliti di bidang ilmu komputer, yang juga berkontribusi dalam pembuatan paper (makalah) penelitian.

Makalah-makalah yang akan dipresentasikan dalam konferensi ini mencakup bidang Face Recognition/Analysis, Face Reconstruction, Gesture Recognition, Distribute Intelligent System, Expert & Knowledge-base Systems, Fault Monitoring and Diagnosis Image Processing/Pattern Recognition.

Selain itu juga Bioinformatics, Multimedia Application, Computer Network and Architecture, Fuzzy Logic, Genetic Algorithm, Neural Networks, Robotic System, Smart Sensor Networks, Modeling, System & Control, Intelligent Devices/Consumer Electronics, Intelligent Home Environments, Parallel/High Performance Computing, Information/ Multimedia Retrieval, IT Governance, dan lainnya.

Vishnu mengatakan konferensi ICACSIS 2009 merupakan forum internasional yang menghadirkan para peneliti, mahasiswa dan professional di bidang ilmu komputer dan sistem informasi, yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Tujuan dari konferensi itu adalah saling berbagi pengetahuan, pengalaman, inovasi dan perkembangan informasi terkini mengenai metodologi, teori dan aplikasi dalam semua aspek system engineering, human machine, interface dan emerging applications.
(*)

Pewarta: handr
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009