Batam (ANTARA News) - Kedatangan haji kelompok terbang ketiga Debarkasi Hang Nadim Batam, tertunda 18 jam 25 menit dari jadwal yang direncanakan sebelumnya, tiba Sabtu pukul 10.00 WIB.

"Kita terima estimate dari Saudi Airlines, haji kloter ketiga baru tiba di Batam Minggu, pukul 4.25 WIB. Subuh besok hari," kata Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji Debarkasi Hang Nadim Batam Erizal Abdullah di Batam, Sabtu.

Ia mengatakan keterlambatan itu karena lalu lintas penerbangan yang padat di bandara Jeddah, sehingga jadwal pesawat tinggal landas pun harus mengantre.

"Ini merupakan delay terlama selama ini," kata dia.Akibat terlambat datang, maka seluruh jadwal kepulangan jamaah ke daerah asal di Jambi ikut tertunda. Padahal seluruh akomodasi jamaah sudah dipersiapkan PPIH.

"Iya, jadi repot, karena seluruh connecting flight terganggu," kata dia.Seluruh PPIH Debarkasi Hang Nadim Batam, bersama panitia daerah dan maskapai penerbangan akan rapat untuk mencari solusi pemulangan jamaah, Sabtu siang, kata Erizal.

Seharusnya, berdasarkan rencana awal, pesawat tiba di Batam, Sabtu, sekitar pukul 10.00 WIB, lalu ke Asrama Haji Batam untuk makan siang. Jamaah dijadwalkan menginap sehari di Asrama Haji Batam untuk melepas lelah, sebelum kembali ke daerah asalnya, Minggu pagi dan siang.

Namun, kata Erizal, akibat terlambat, jamaah baru tiba di Batam Minggu subuh."Bagaimana-bagaimananya nanti kita rapatkan, apakah para haji tetap menginap, atau bagaimana," kata Erizal.

Kloter ketiga Embarkasi Hang Nadim Batam membawa 450 calon haji dari Provinsi Jambi, yang berangkat dari Batam, Jumat 24 Oktober 2009.Seorang haji kloter ketiga meninggal di Jedah, 20 November 2009.

M. Jafri (53) asal Tanjung Jabung Barat, Jambi meninggal akibat Resp failure dan dikuburkan di Ma`la sedangkan 249 haji lain dalam keadaan sehat, kata Erizal.

Sementara itu, seorang haji kloter 12 bergabung dalam kloter tiga, kembali ke tanah air."Jadi, pemulangan kloter tiga, jumlahnya tetap, 450 orang. Meninggal seorang, dan tambah seorang yang mutasi dai kloter 12," kata Erizal.

Debarkasi Haji Hang Nadim Batam melayani jamaah dari empat provinsi, Kepri, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat yang terbagi dalam 22 kelompok terbang pada musim Haji 1430 H.

Dembarkasi Hang Nadim Batam juga melayani pesawat yang mengangkut calon haji dari embarkasi lain, untuk mengisi bahan bakar, sekaligus transit. (*)

Pewarta: bwahy
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009