Jakarta (ANTARA News) - Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Sabtu, menggelar rapat konsultasi nasional di Jakarta, untuk melakukan evaluasi internal dalam tubuh partai itu.

Menurut Ketua Dewan Syuro DPP PKB KH Aziz Mansyur, rapat itu digelar untuk menggali masukan, termasuk kritik, dari Dewan Syuro di tingkat wilayah, demi PKB yang lebih baik.

"Tidak ada maksud macam-macam," kata kiai asal Jombang, Jawa Timur, tersebut.

Jumat kemarin, Wakil Ketua Dewan Syuro Lily Chadijah Wahid menyebut Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar telah menyalahi aturan partai, yaitu mencampuradukkan posisi pimpinan partai dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Adik kandung KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini juga menganggap Muhaimin tidak optimal melaksanakan amanah dan membesarkan partai.

Lily mengaku ingin mengganti Muhaimin dengan figur yang lebih kredibel dengan orang yang bisa membedakan tugas sebagai menteri dan ketua partai.

Namun, saat memberi keterangan pers bersama Aziz, Lily mengamini pernyataan Aziz bahwa rapat konsultasi Dewan Syuro hanya untuk evaluasi dan mencari masukan dari Dewan Syuro tingkat wilayah.

"Apa yang sudah berjalan akan didiskusikan, untuk memperbaiki kinerja," katanya.

Aziz menegaskan, PKB hingga saat ini solid sehingga tidak benar jika ada isu PKB pecah gara-gara kursi menteri.

"Di PKB tidak ada konflik. Itu hanya suara beberapa orang. Itu hanya angin kesasar," katanya. (*)

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009