Jakarta (ANTARA News) - Tim sepakbola nasional Indonesia gagal meraih kemenangan setelah dikalahkan tuan rumah Laos 0-2 pada laga lanjutan babak penyisihan grup B SEA Games 2009 di Chao Anou-vong Stadium, Vientiane, Senin.

Dua gol tuan rumah diborong striker Lamno Singto (menit ke-66, 75) dan merupakan kekalahan pertama Indonesia dari Laos sepanjang sejarah.

Kekalahan ini membuat peluang Indonesia untuk menembus semifinal sangat berat. Pada laga penyisihan terakhir, Indonesia bertemu Myanmar yang kemarin juga kalah 1-2 dari Singapura.

Dengan hasil ini, Laos memimpin klasemen sementara dengan nilai empat, sama dengan perolehan Singapura, sementara Myanmar dan Indonesia di peringkat tiga dan empat.

Laos dan Singapura hanya butuh main imbang untuk memastikan tiket semifinal Grup B. Bila itu terjadi, hasil pertandingan Indonesia vs Myanmar tidak akan berpengaruh lagi.

Manajer Indonesia Andi Darussalam Tabussalla menurut Humas PSSI, mengaku kecewa dengan hasil ini.

Menurut Andi Darussalam seperti dikutip Humas PSSI, Indonesia tampil bagus di babak pertama. Namun para pemain justru kehilangan konsentrasi di babak kedua.

"Ada beberapa peluang yang terjadi di babak pertama, tetapi sayang tak satu pun menjadi gol. Di babak kedua, anak-anak yang seharusnya tampil tenang, malah sering gugup menghadapi serangan balik cepat Laos. Akibatnya, kita harus membayar mahal dengan dua gol Laos yang lahir dari serangan balik," katanya.

Ia mengaku hasil ini membuat peluang Indonesia ke semifinal sangat berat. Tetapi pihaknya dan seluruh pemain tetap optimis dan akan berusaha tampil lebih baik saat melakoni laga terakhir melawan Myanmar.

Sejak awal babak pertama Pelatih Alberto Bica menurun Franky Irawan (kiper), Sultan Samma, Rahmat Latief, Steven Bonsapia, Ruben Karel Sanadi, Tony Sucipto, Rendy, Egy Melgiansyah, Djayusman Triadi, Engel Berth Sani, Boaz Salossa.

Singapura Kalahkan Myanmar 2-1 setelah bermain imbang dengan Indonesia, Singapura yang ditangani oleh pelatih lokal Padmanathan memukul runner-up SEA Games 2007 Myanmar dengan skor 2-1 (2-0).

Singapura memetik keunggulan pertamanya pada menit ke-14 melalui Muhammad Safuwan bin Baharudin.

Mereka kemudian memimpin 2-0 dari gol Harris Harun pada menit ke-29.

Myamar beruntung mencetak satu gol balasan melalui pemain pengganti Soe Min Oo menit ke-88.

Pertandingan terakhir penyisihan Gruip B akan dilangsungkan Kamis (10/12) mendatang di Chou Anou-vong Stadium, yakni antara Indonesia dengan Myanmar dan tuan rumah Laos melawan Singapura. Sementara Vietnam dan Thailand yang menjadi
kandidat kuat dari Grup A untuk lolos ke semifinal.
(*)

Pewarta: bwahy
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009