Washington (ANTARA News/AFP) - Menteri Keuangan AS Timothy Geithner, Rabu, mengatakan, dirinya telah memperpanjang otoritas talangan dana sebesar 700 miliar dolar AS hingga Oktober 2010, meski program itu akan mengeluarkan biaya lebih dari yang diperkirakan.

Geithner mengatakan dalam suratnya kepada para pemimpin Kongres AS, meskipun kondisi ekonomi mulai stabil, pihaknya secara hati-hati melanjutkan program yang disebutnya sebagai Program Pertolongan Aset Bermasalah (TARP).

Geithner mengatakan perpanjangan diperlukan untuk membantu keluarga Amerika dan menstabilkan pasar keuangan, serta menjaga kapasitas dalam merespons ancaman tak terlihat.

"Setelah kami memperpanjang program 700 miliar dolar, kami tidak ingin memberikan lagi lebih dari 550 miliar dolar AS," katanya dalam surat kepada Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan pemimpin mayoritas Senat Harry Reid.

"Kami memperkirakan akan ada pembayaran kembali hingga 175 miliar dolar pada akhir tahun depan, dan pembayaran substansial lagi setelahnya."(*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009