Khartoum (ANTARA News/AFP) - Sejumlah pria bersenjata di wilayah Darfur di Sudan barat telah menembak dan menewaskan seorang anggota parlemen dari partai yang berkuasa, kata pejabat polisi kepada AFP, Jumat.

Sebuah mobil yang membawa Hassan Tageddine Hassan el-Helw dari Partai Kongres Nasional, yang berkuasa, telah diserang oleh sejumlah pria tak dikenal yang bersenjata di Nyala, ibukota negara bagian Darfur Selatan, kata pejabat itu.

"Orang-orang bersenjata itu meminta agar mobil tersebut berhenti dan kemudian mereka melepaskan tembakan, sehingga menewaskan dia dan kedua orang dalam di mobil bersamanya," kata polisi tanpa merinci lebih jauh.

PBB mengatakan sebanyak 300.000 orang telah tewas karena dampak gabungan perang, kelaparan dan penyakit, dan lebih dari 2,7 juta orang telah meninggalkan rumah mereka sejak konflik meletus di Darfur pada 2002, yang mengadu pemberontak melawan Khartoum.

Pemerintah mengatakan hanya 10.000 orang yang tewas.

Pada Agustus, kepala pasukan penjaga perdamaian PBB yang akan mengakhiri masa tugas di Darfur menyatakan "perang sudah usai", tapi meskipun bentrokan menurun, ketidakamanan meningkat di Darfur dengan serangkaian penculikan, perampokan dan pembajakan mobil. (*)

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009