Solo (ANTARA News) - PT Kereta Api (KA) menyiapkan tujuh kereta api tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama libur Natal 2009 dan tahun baru 2010.

"Tujuh kereta api tambahan tersebut merupakan KA rute Solo-Jakarta," kata Wakil Kepala Stasiun Balapan, Suyatno di Solo, Jumat.

Dia mengatakan, penambahan tujuh KA tersebut dilakukan berdasarkan perintah dari PT KA Daerah Operasional VI.

Berdasarkan perintah tersebut, lanjutnya, KA eksekutif Argo Lawu menjadi KA yang dikerahkan pada musim liburan Natal dan tahun baru.

"Dari tujuh kereta api yang disiapkan, masing-masing berisi delapan gerbong. Empat di antaranya dikerahkan untuk menjemput pemudik dari sejumlah stasiun di Jakarta," kata dia.

Untuk jadwal keberangkatan, kata dia, KA tambahan dari Jakarta berangkat pada pukul 9:45 WIB, sedangkan keberangkatan dari Solo pada pukul 21:45 WIB.

Dia mengatakan, arus mudik musim liburan Natal diperkirakan akan terjadi mulai 17 Desember 2009 dan mulai surut pada 2 Januari 2010, KA tambahan dikerahkan pada waktu itu.

"Saat ini tiket perjalanan dengan kereta api tambahan untuk tanggal 23 dan 24 Desember 2009 telah habis dipesan. Untuk tiket kereta api reguler telah habis pada perjalanan 27 Desember 2009," kata dia.

Meski terjadi lonjakan penumpang, lanjtnya, belum ada kenaikan harga tiket untuk KA Argo Lawu.

"Harganya masih Rp280 ribu," kata dia.

Selain menyiapkan KA tambahan, kata Suyatno, PT KA juga menyiapkan penambahan pengamanan sebagai antisipasi adanya penumpang liar yang sering terjadi saat terjadi lonjakan penumpang.
(*)

Pewarta: handr
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009