Sukabumi (ANTARA News) - Polri akan menambah masa pendidikan polisi mulai dari tingkat Bintara hingga Perwira sebagai upaya menjalankan reformasi pendidikan di kepolisian dan meningkatkan kualitas personel.

"Pada 2010, masa pendidikan kepolisian akan ditambah. Ini berlaku mulai dari bintara hingga perwira," kata Kapolri Bambang Hendarso Danuri usai melantik 449 siswa Sekolah Lanjutan Brigadir Polisi (Selabrip) Angkatan 38 Tahun 2009 di Sekolah Calon Perwira (Secapa) Polri di Kota Sukabumi, Jawa Barat, Jumat.

Menurut dia, polisi yang mengikuti pendidikan di Secapa Polri akan ditambah masa pendidikannya, dari empat bulan menjadi tujuh bulan.

"Waktu pendidikan selama empat bulan cukup pendek, sehingga perlu diperpanjang untuk meningkatkan kualitas personil kepolisian dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Selain itu, pada 2010 Polri juga menekankan perubahan budaya di kalangan internal, salah satunya perubahan etika.

"Polri juga akan menghormati hak-hak asasi manusia (HAM). Mulai dari jajaran bawah hingga atas harus mampu memberikan perhatian pada kasus HAM," demikian Kapolri Jendral Pol Bambang Hendarso Danuri.

Pelantikan 449 siswa Selabrip Angkatan 38 tersebut merupakan pelantikan yang kedua pada tahun 2009.
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009