Makassar (ANTARA News) - Manajemen Garuda Indonesia pada 2010 akan menambah pesawat baru jenis Boeing 737 seri 800 sebanyak 10 unit, dari rencana penambahan sebanyak 116 unit hingga 2014.

General Manager Garuda Indonesia Cabang Makassar Rismon Dari di Makassar, Jumat, mengatakan saat ini jumlah pesawat yang beroperasi secara nasional baru sekitar 67 unit.

"Kedatangan pesawat tambahan 10 unit itu dijadwalkan Februari 2010 untuk melayani rute penerbangan baru di KTI (Kawasan Timur Indonesia)," katanya.

Rute penerbangan baru ke sejumlah kota di KTI antara lain Ambon, Palu, Sorong, dan Surabaya.

"Manajemen memfokuskan program kerja pada 2010 pembukaan rute baru di Kawasan Timur Indonesia, karena frekuensi penerbangan untuk kawasan timur lebih tinggi dibanding Barat," katanya.

Realisasi untuk pengoperasian rute baru ini, menurut dia tinggal menunggu keputusan manajemen Garuda pusat.

Untuk kawasan Barat, pihaknya hanya akan melakukan penambahan rute pada dua kota di Sumatra yaitu Bengkulu dan Tanjung Pandang.

Pihaknya juga telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang natal dan tahun baru, dengan menambah jadwal terbang. "Untuk harga tiket, kami menjamin tidak ada kenaikan," katanya.

Namun demikian, pihaknya tidak dapat memastikan kapan terjadinya lonjakan penumpang menjelang natal dan tahun baru.

"Perjalanan masyarakat Indonesia cenderung tidak direncanakan, biasanya baru mulai terlihat seminggu sebelum natal," katanya.(*)

Pewarta: luki
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009