Vientiane (ANTARA News) - Hingga hari ketiga kompetisi cabang renang di SEA Games XXV Laos 2009, Indonesia mengumpulkan satu medali emas, dua perak dan satu perunggu.

Perenang Glenn Victor Sutanto mempersembahkan medali emas pertama bagi Indonesia di cabang renang setelah dia memenangi nomor 100 meter gaya punggung putra dengan mencatat 56,42 detik, Sabtu, di kolam renang Komplek Olahraga Nasional, Vientiane.

Hasil catatan waktu Glenn tersebut sekaligus menyingkirkan dua pesaing dari Singapura Rainer Ng yang meraih perak dengan 56,73 detik, dan disusul perunggu oleh Zach Ong dengan 56,89 detik.

Selain satu emas tersebut pada Sabtu, Indonesia juga merebut satu medali perak melalui Donny B Utomo di nomor 100m gaya kupu-kupu putra dengan catatan 55,53 detik yang kalah dari perenang Malaysia Daniel Bego yang mencatat 53,82 detik, dan perunggu direbut perenang Vietnam Quy Phuoc Hong dengan 55,65 detik.

Medali perunggu didapat Indonesia dari nomor 4x100m gaya bebas putra dengan catatan 03:25:34, dimana Singapura meraih medali emas dengan 03:23:22 dan perak oleh Filipina 03:24:35.

Sementara itu sehari sebelumnya, Jumat, Indra Gunawan meraih medali perak dari nomor 100m gaya dada putra.

"Glenn dan Indra memang kami targetkan meraih emas, tapi sayang kemaren (Jumat) Indra gagal mendapatkan emas, tapi hasil ini sudah cukup bagus dengan materi yang ada sekarang ini,` kata manajer tim renang Toni P Sastramihardja.

Ketika ditanya apakah masih ada peluang lagi untuk mendapatkan medali emas sehingga target dari cabang renang dua emas bisa terpenuhi, Toni mengatakan, masih ada peluang.

"Terutama di 4x100m gaya bebas putra kami masih berpeluang mendapat emas, dan bisa jadi 50m gaya bebas juga ada kesempatan,` tambahnya.(*)

Pewarta: adit
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009