Jakarta (ANTARA News) - Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan, Agnita Singedekane meminta agar kasus Bank Century tidak dialihkan ke hal-hal yang lain di luar pokok persoalan.

"Saya khawatir arah penuntasan Panitia Angket DPR akan didistorsi oleh para aktor intelektual yang berada di balik Bank Century. Harusnya semua pihak yang disebut terlibat dalam pusaran kasus Century sejalan dengan tekad Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) yang telah berkomitmen akan berjihad memerangi korupsi," kata Agnita di Jakarta, Minggu.

Agnita yang juga kandidat doktor komunikasi politik dari Universitas Padjadjaran tersebut mengatakan, penyelesaian kasus Bank Century hendaknya ditempuh dengan cara yang elegan tanpa mengaburkan fokus utama tujuan Panitia Angket DPR.

"Seharusnya simpati kita semua kita letakkan pada korban Bank Century yakni nasib deposan kecil yang telah menaruh seluruh simpanannya. Jangan cederai rasa keadilan wong cilik," kata Agnita.

Saat ini kasus Bank Century melebar menjadi konflik pribadi antara beberapa pihak dan juga masalah rekaman pembicaraan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Komisaris Bank Century Robert Tantular

Sebelumnya anggota panitia angket kasus Bank Century Bambang Soesatyo mengatakan memiliki bukti rekaman percakapan antara Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Komisaris Bank Century Robert Tantular yang mengkondisikan bantuan dana talangan ke bank tersebut.

Namun Sri Mulyani membantah bertemu pemilik Bank Century Robert Tantular. "Saya tidak pernah melakukan komunikasi dalam bentuk apa pun, saya tidak pernah menelepon, tidak pernah ditelepon, saya tidak kenal, saya tidak pernah bertemu dengan seseorang bernama Robert Tantular," katanya.

Sementara itu Wapres Boediono sebelumnya menuturkan, dalam rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) itu dirinya bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani mengetahui kehadiran Robert Tantular, namun yang bersangkutan tidak hadir dalam rapat tersebut.

Wapres mengemukakan, kehadiran Robert Tantular di lantai yang berlainan itu, atas permintaan BI sebagai salah satu prosedur dalam pembahasan terkait Bank Century yang tengah bermasalah agar yang bersangkutan dapat memberikan pertanggungjawabannya.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009