Santiago, Brazil (ANTARA News/AFP) - Milyuner dari kubu konservatif, Sebastian Pinera, menang dalam babak pertama pemilihan umum di Chile, Ahad, dalam persaingan untuk menggantikan Michelle Bachelet, presiden dari sayap-kiri yang meletakkan jabatan, demikian hasil resmi penghitungan sebagian kertas suara.

Pinera meraih 45 persen suara, unggul dari pesaing terdekatnya dari sayap-kiri Eduardo Frei --yang mengumpulkan 32 persen suara, demikian hasil penghitungan 13 persen suara yang dibacakan oleh pejabat Kementerian Dalam Negeri Particio Rosendo.

Jika penghitungan seluruh kertas suara mengkonfirmasi bahwa Pinera tak meraih lebih dari 50 persen suara, ia dan Frei akan berhadapan dalam pemilihan umum babak kedua pada 17 Januari.

Pemungutan suara Ahad juga memperbarui sebagian besar anggota Kongres Chile, untuk mengiri Majelis Perwakilan Rakyat --dengan 120 anggota-- dan 20 dari 38 kursi di Senat.

Meskipun kelihatan akan menjadi pemenang dalam pemungutan suara Ahad, Pinera dapat menghadapi pertarungan sengit untuk mengambil-alih jabatan Bachelet dalam pemungutan suara babak kedua.

Sebabnya ialah kebanyakan suara dari kelompok sayap-kiri, yang terpecah pada babak pertama, akan beralih kepada Frei, calon yang berusia 67 tahun dari koalisi sayap kiri-tengah Concertacion, yang telah memerintah negeri tersebut selama dua dasawarsa terakhir, sejak berakhirnya kediktatoran militer Jenderal Augusto Pinochet.

Penghitungan sebagian kertas suara memperlihatkan 18 persen suara mengalir kepada Marco Enriquez Ominami, mantan pembuat film yang mencalonkan diri sebagai calon independen sayap-kiri, dan enam persen kepada Jorge Arrata, ahli ekonomi dari kelompok komunis.

Hasil itu "memperlihatkan bahwa 55 persen suara mendukung Chile yang bebas dan bersatu", kata kepala tim kampanye Frei, Jorge Pizarro.

Hasil penghitungan suara yang belum selesai tersebut sejalan dengan jajak pendapat sebelum pemungutan suarau.

Salah satu survei itu, oleh pusat studi masyarakat CERC, untuk sementara menunjukkan Pinera --pemilik empat jaringan stasiun televisi di Chile yang juga memiliki saham di perusahaan penerbangan LAN dan satu klub sepak bola, dengan kekayaan mencapai 1,2 miliar dolar AS-- pada akhirnya dapat meraih kemenangan dalam pertarungan Januari dengan mengantungi 49 persen suara, sementara Frei meraih 32 persen suara.

Frei, yang dipandang banyak kalangan sebagai tidak kharismatik, telah gagal meraih sebagian besar dorongan dari dukungan oleh Bachelet, yang dilarang mencalonkan diri lagi berdasarkan Undang-Undang Dasa Chile.

Presiden saat ini tersebut, yang berusia 58 tahun, akan menyelesaikan mandat empat-tahunya pada Maret 2010.

Kendati menghasilkan kontrak ekonomi Chile, di bawah krisis global, Bachelet mendapat dukungan tinggi, yaitu 80 persen.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009