Washington (ANTARA News/AFP) - ExxonMobil telah sepakat untuk mengakuisisi perusahaan eksplorasi minyak XTO Energy, dalam sebuah transaksi semua saham senilai 41 miliar dolar, kata perusahaan Senin.

Grup minyak terbesar AS mengatakan kesepakatan itu akan "meningkatkan posisi ExxonMobil dalam pengembangan tidak konvensional sumber daya gas alam dan minyak."

Transaksi termasuk asumsi 10 miliar dolar dalam utang XTO dan menawarkan pemegang saham 25 persen premi pada harga saham terbaru.

"XTO adalah produsen gas alam tidak konvensional terkemuka AS, dengan basis sumber daya yang luar biasa, keahlian teknis yang kuat dan karyawan sangat terampil," kata Rex Tillerson, pimpinan dan kepala eksekutif ExxonMobil.

"XTO yang kuat bersama dengan ExxonMobil yang memiliki R&D (penelitian dan pembangunan)dan kemampuan operasional canggih, skala global dan kemampuan keuangan, akan memungkinkan pengembangan tambahan pasokan sumber daya minyak dan gas yang tidak konvensional, menguntungkan konsumen di Amerika Serikat dan di seluruh dunia."(*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009