Timika (ANTARA News) - Pemimpin tertinggi kelompok separatis Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) Wilayah Timika, Kelly Kwalik ditembak mati tim Detasemen Khusus 88 gabungan Mabes Polri dan Polda Papua di wilayah Gorong-Gorong Rabu.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Agus Rianto yang dikonfirmasi per telepon dari Timika, Rabu membenarkan kejadian tersebut.

"Benar ada kejadian tersebut sekitar pukul 03.00 WIT dinihari di wilayah Gorong-Gorong Timika dan dipastikan korbannya adalah Kelly Kwalik," kata Agus.

Ia mengatakan, Kelly Kwalik yang memiliki pangkat jenderal tertembak di bagian pangkal paha kiri dan korban tidak dapat tertolong lantaran kehabisan darah.

Agus memastikan hanya satu butir peluru yang melukai Kelly Kwalik, tokoh yang paling dicari-cari oleh aparat TNI dan Polri selama puluhan tahun.

Sejak Rabu pagi, jenazah korban langsung dibawa ke Klinik AEA Freeport Indonesia di Kuala Kencana untuk dilakukan identifikasi oleh petugas medis.

Pengamanan di sekitar Klinik Kuala Kencana sangat ketat dan dijaga belasan anggota Satpol Airud Polres Mimika dan Satpor Mabes Polri dengan persenjataan lengkap.

Sejak Rabu pagi, Kapolres Mimika AKBP Mohammad Sagi, Dandim 1710 Mimika Letkol Inf Refrizal dan Wakasatgas Amole Timika II Letkol Inf Trie Soeseno berada di Klinik Kuala Kencana, namun mereka belum bersedia memberi keterangan kepada wartawan.

Sekitar pukul 11.00 WIT, sebuah mobil Freeport bernomor lambung 01-3465 membawa peti mati ke Klinik Kuala Kencana yang diperkirakan untuk menyimpan jenazah korban. (*)

Pewarta: mansy
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009