Vientiane, Laos, (ANTARA News) - Perhelatan SEA Games XXV di Laos rupanya menjadi ajang kursus bahasa Inggris "gratis" bagi para mahasiswa yang terlibat menjadi tenaga relawan dalam pesta akbar olahraga se Asia Tenggara itu.

"Saya menjadi relawan di SEA Games ini tidak dibayar, tapi saya bisa manfaatkan SEA Games ini untuk memperlancar komunikasi bahasa Inggris saya,` kata Vhan yang mengaku kuliah jurusan ekonomi semester lima di Universitas Nasional Laos, Rabu.

Animo besar dari para mahasiswa Laos untuk menjadi relawan dalam SEA Games XXV rupanya bukan tidak ada maksudnya, rupanya menurut mereka menjadi relawan bisa menambah ketrampilan bahasa Inggris mereka.

"Saya bertugas menjadi pemandu transportasi bagi para atlet, saya memberi tahu kepada mereka bus mana yang mereka cari untuk menuju suatu tempat event pertandingan," kata Vanh yang mengaku kuliah jurusan ekonomi di Universitas Nasional Laos semester lima itu.

Menurutnya, kedatangan para atlet luar negeri ini sangat membantu dirinya dalam memperdalam komunikasi dalam bahasa Inggris, karena di Laos bahasa Inggris masih menjadi bahasa yang asing bagi kebanyakan masyarakat Laos.

"Mereka datang dari berbagai negara, sebagai petugas pemandu saya bisa manfaatkan moment ini untuk berkomuniksi dengan mereka dalam bahasa Inggris, ya lumayan hitung-hitung kursus gratis," tambahnya.(*)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009