Washington (ANTARA News) - Bank Sentral AS (Federal Reserve) pada Rabu memperpanjang kebijakan tingkat suku bunga mendekati nol dan mempertahankan pandangannya bahwa tingkat suku bunga sangat rendah kemungkinan akan tetap berpengaruh "untuk jangka waktu yang panjang."

Bank sentral mengakhiri dua hari pertemuan kebijakan dengan mempertahankan suku bunga dasar federal fund pada kisaran antara nol hinggai 0,25 persen.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang dipimpin oleh ketua Ben Bernanke tidak mengakui beberapa perbaikan dalam kondisi ekonomi, terutama dalam bermasalah pasar tenaga kerja.

Panel mengatakan bahwa data terakhir "menunjukkan bahwa kegiatan ekonomi telah terus meningkat dan bahwa kemerosotan di pasar tenaga kerja mereda," dan mencatat bahwa sektor perumahan "telah menunjukkan beberapa tanda-tanda perbaikan selama beberapa bulan terakhir."

Namun, FOMC mengatakan melihat "sumber daya yang substansial kendur kemungkinan untuk melanjutkan meredam tekanan biaya: dan memperkirakan bahwa "inflasi akan tetap terkendali untuk beberapa waktu."

Kondisi ini "kemungkinan menjamin tingkat suku bunga federal fund sangat rendah untuk jangka waktu yang panjang," kata pernyataan FOMC. (*)

Pewarta: handr
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009