Kopenhagen (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan Indonesia terus mengusahakan adanya kesepakatan positif di tengah adanya potensi kebuntuan dalam perundingan KTT Perubahan Iklim .

"Saya bersama menteri telah merumuskan posisi Indonesia yang kita bawa, Kamis (17/12) besok, rencananya saya akan menyampaikan statement sesuai jadwal yang telah ditentukan, rekomendasi Indonesia yang bisa dipertimbangkan untuk mengatasi kebuntuan," kata Presiden dalam konferensi pers di Kopenhagen, Rabu malam pukul 19.00 waktu setempat atau Kamis dini hari pukul 01.00 WIB.

Presiden mengatakan setidak-tidaknya akan ada lima hal yang direkomendasikan oleh Indonesia sebagai salah satu upaya menawarkan alternatif masukan bagi proses negosiasi yang berjalan alot.

"Yang pertama, dunia, kita semua sepakat untuk tidak ada toleransi kenaikan suhu tidak lebih dari dua derajat, itu rujukan utama," kata Presiden.

Hal kedua, menurut Presiden adalah, berkaitan dengan pandangan pada rekomendasi pertama, negara maju harus meningkatkan pengurangan emisi dari yang sudah ditetapkan sekarang. Dengan demikian negara maju bisa menyumbangkan pengurangan emisi yang cukup agar suhu tidak naik lebih dari dua derajat.

"Yang ketiga, negara berkembang juga harus mempunyai rencana aksi sukarela seperti yang telah dilakukan Indonesia yaitu mengurangi emisi hingga 26 persen pada 2020," tegas Presiden.

Rekomendasi Indonesia yang keempat adalah perlunya asistensi, bantuan bagi negara berkembang dalam peningkatan kapasitas maupun kemampuan mitigasi sehingga negara berkembang juga dapat memberikan sumbangan bagi pencegahan pemanasan global.

Rekomendasi kelima adalah agar negara maju dan berkembang bersama-sama memastikan jumlah bantuan berjalan sesuai dengan yang disepakati maka diperlukan suatu sistem pengawasan namun yang dipantau bukan hanya negara berkembang, tapi juga bantuan negara, progres dan implementasi bantuan negara maju terhadap negara berkembang juga harus dimonitor.

"Termasuk berapa jumlah emisi yang mampu dikurangi, harus ada pengukuran yang reliable sehingga tidak membuat kebingungan pada tingkat global. Indonesia menggarisbawahi pentingnya pengelolaan hutan. Dan itu akan dilakukan terus sehingga sasaran pengurangan emisi hingga 26 persen akan kita capai," kata Presiden.

Sebelumnya Presiden berkomunikasi intensif dengan Presiden Perancis Sarkozy, Presiden Komisi Eropa Barosso dan Kanselir Angela Merkel terkait upaya mencegah kebuntuan dalam perundingan di Kopenhagen, dan Rabu malam Presiden bertemu dengan PM Norwegia Jens Stoltenberg.

"Saya tadi bertemu dengan PM Norwegia yang jadi mitra kita untuk banyak hal, kita saling bertukar pikiran alternatif apa yang bisa ditempuh agar Kopenhagen tidak gagal," kata Presiden.(*)

Pewarta: handr
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009