Jakarta (ANTARA News) - Dua kubu Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) yakni pimpinan Adi Sasono dan Nurdin Halid akan menggelar rapat anggota khusus di Jakarta pada 19-20 Desember 2009 setelah sebelumnya sempat dua kali tertunda.

Sejumlah Dekopinwil dari kawasan Indonesia Timur di Jakarta, Kamis, telah berkumpul di ibu kota untuk melaksanakan konsolidasi sebelum pelaksanaan rapat tersebut.

"Bahkan ada beberapa anggota Dekopinwil yang telah hadir di Jakarta sejak 15 Desember 2009," kata Ketua Bidang Litbang Dekopinwil Gorontalo, Halim Abdullah.

Sejumlah Dekopinwil yang telah hadir di Jakarta di antaranya dari Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Jambi, Maluku, Papua Barat, dan Kalimantan Selatan.

Rencananya, rapat anggota khusus itu akan dilaksanakan pada 19-20 Desember 2009 di Hotel Mecure Ancol Jakarta. Sebelumnya rapat tersebut direncanakan pada 11-12 Desember tetapi kemudian ditunda pada 15-16 Desember yang kemudian tertunda kembali sampai 19-20 Desember 2009.

Dalam rapat tersebut belum disebutkan secara khusus akan ada agenda pemilihan ketua umum Dekopin yang baru, tetapi sejumlah tokoh telah menyatakan minatnya untuk mencalonkan diri yakni Teguh Boediyana (Ketua Dewan Persusuan Nasional), Agung Sudjatmiko (mantan Ketua Kopindo), dan HM Arbi (Ketua Inkopkar).

Sebelumnya, Menteri Negara Koperasi dan UKM (Meneg KUKM), Sjarifuddin Hasan, mengatakan rapat anggota dua kubu Dekopin yang semula dijadwalkan 11 Desember 2009 ditunda.

"Rapat anggota Dekopin ditunda dan rencananya akan dilaksanakan tetap pada Desember 2009," kata Sjarifuddin Hasan.

Ia mengatakan penundaan itu dilakukan karena ada hal-hal yang harus disesuaikan dengan AD/ART di Dekopin. (*)

Pewarta: bwahy
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009