Vientiane (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memberikan dukungan secara langsung kepada atlet dan ofisial dari daerahnya yang membela Indonesia di SEA Games 2009 di Laos.

Dalam acara silaturahmi secara khusus di Lao Plaza Hotel Vientiane, Jumat, Heryawan menyatakan akan memberikan bonus kepada atlet Jawa Barat yang berhasil meraih medali.

"Bonus tersebut tentu hanya sebagai tambahan bonus dari pemerintah dan sekedar uang kadeuhdeuh (tanda sayang)," kata Heryawan yang mengaku datang ke Laos atas inisiatif sendiri.

Menurut Heryawan, peraih medali emas akan mendapat bonus Rp25 juta dari Pemda Jabar, disusul Rp12,5 juta dan Rp7 juta untuk peraih perak dan perunggu.

Ada lima atlet Jawa Barat yang berhasil menyumbang emas bagi kontingen Indonesia, yaitu Glenn Victor (renang), Triaji (renang), Risa Suseanty (sepeda gunung) dan Hans Yosaputra (selam).

Selain untuk memberikan dukungan kepada atlet, Heryawan datang ke Laos sehubungan dengan SEA Games 2011 yang akan digelar di Indonesia dan Jawa Barat sudah diputuskan sebagai salah satu tuan rumah.

Jawa Barat menurut rencana akan menggelar sebelas cabang olahraga, yaitu balap sepeda, renang, sofbol/bisbol, dayung, catur, taekwondo, karate, bowling, dayung, dansa, voli indoor, dan voli pantai.

"Sebagian besar digelar di Kota Bandung, sedang cabang di luar Kota Bandung adalah balap sepeda di Cimahi dan dayung di Jatiluhur," katanya.

Selain Jawa Barat, daerah lain yang juga akan menjadi tuan rumah adalah Sumatera Selatan, Jawa Tengah dan DKI Jakarta. (*)

Pewarta: ricka
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009