Palembang (ANTARA News) - Subhan "Ubang" Aksa (23) memimpin hari pertama kejuaraan nasional Reli Sriwijaya yang berlangsung di perkebunan karet dan kelapa sawit di Kabupaten Banyuasin, sekitar 45 km utara Kota Palembang, Sabtu, disusul Rizal Sungkar dan Akbar Hadianto.

Setelah menyelesaikan tujuh SS (special stage=trayek khusus) sepanjang 91,98 km hingga Sabtu petang, Subhan yang menggenjot Mitsubishi Evolution IX dari Pertamina Bosowa Rally Team bersama navigator Hade Mboi, membukukan waktu satu jam empat menit 57,1 detik.

Rizal Sungkar dari Pertamina Prima XP Rally Team yang melaju di atas Mitsubishi Evolution VIII didampingi Indra Prasetyo, bertengger di urutan kedua dengan waktu 1:5:10,3 dan Akbar Hadianto dari FBRT Sport yang memacu Mistsubishi Evolution X di tangga ketiga (1:5:37,2).

Sebanyak 16 peserta mengikuti perlombaan seri terakhir Kejurnas 2009 itu dan Minggu masih harus saling adu kecepatan dalam empat SS berikutnya sepanjang 54,73 km.

Bupati Banyuasin Amiruddin Inoed menyaksikan para pereli di area servis di lapangan Desa Mainan sedangkan peninjau dari FIA Piero Sodano (Italia) dan konsultan sport Fred Gallagher (Inggris) datang khusus melihat persiapan teknis panitia, karena promotor lomba BMI bermaksud mewujudkan Indonesia sebagai tuan rumah seri kejuaraan dunia (WRC) pada 2011.

Subhan Aksa yang tahun ini tampil sebagai juara "sprint rally", sedang berusaha menggandakan gelarnya menjadi juara nasional "speed rally" lewat putaran terakhir di Sumatera Selatan, setelah sampai putaran kedua memimpin raihan angka dengan 50 poin.

Rizal Sungkar kini menyimpan 35,5 poin dan Sadikin Aksa (32), Ricardo Gelael (16) dan Sean Gelael (15). Dua pereli terakhir dari Tim Serge tidak tampil dalam perlombaan itu karena Sean dalam libur sekolah ini sedang berlatih reli di Finlandia dan di markas Prodrive di Inggris.

"Saya berusaha mempertahankan posisi saya, semoga besok (Minggu) tidak ada masalah dan kondisi alam mendukung untuk mengembangkan kecepatan di dalam perkebunan," kata Subhan, lulusan administrasi bisnis di University Hertfordshire.

Sedangkan Rizal mengatakan kendaraan yang dinaikinya bermasalah sehingga ia tidak dapat mengembangkan kecepatan. "Saya tidak dapat mengembangkan kecepatan terlebih saat melaju di tikungan. Semoga besok saya dapat melakukan yang terbaik," kata Rizal.


Hasil Perlombaan Hari Pertama:

1. Subhan Aksa/Hade Mboi Mitsubishi Evolution IX 1:4:57,1

2. Rizal Sungkar/Indra Prasetyo Mitsubishi Evolution VIII 1:5:10,3

3. Akbar Hadianto/Arianto Sjarief Mitsubishi Evolution X 1:5:37,2

4. Sadikin Aksa/Adi Wibowo Mitsubishi Evolution X 1:14:15,2

5. Irfansjah/Robbie Prasetio Suzuki SX 4 1:29:6,4.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009