Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi I DPR RI Kemal Azis Stamboel, Minggu, menyatakan Indonesia berhasil memberikan pandangan yang seimbang dan jelas dalam KTT Perubahan Iklim di Kopenhagen.

"Karenanya muncul respons positif dari banyak negara, baik negara berkembang maupun maju, terutama terhadap berbagai peran Indonesia serta sikapnya yang seimbang dan jelas terhadap penanganan perubahan iklim bagi kemanusiaan serta kemaslahatan umat manusia," katanya kepada ANTARA, Minggu.

Melalui hubungan telefon langsung dari Kopenhagen, Kemal Azis Stamboel menambahkan, semua poin yang diajukan delegasi RI pada forum-forum KTT benar-benar memberikan suasana segar untuk dibahas lebih lanjut.

"Artinya, semua poin yang diajukan itu diadaptasi seluruhnya," ungkapnya.

Indonesia, menurutnya, dianggap oleh banyak delegasi sebagai perutusan dengan pemikiran-pemikiran serta usulan terobosan alternatif yang bisa menyeimbangkan konfrontasi pemikiran negara-negara maju (diwakili Amerika Serikat) kontra negara-negara berkembang.

Karena itu, dia dan seluruh anggota delegasi RI yang langsung dipimpin Presiden SBY optimistis akan tercapai kesepakatan dalam KTT Perubahan Iklim ini.

"Walaupun hal ini masih sulit sekali (tercapainya kesepakatan), namun nanti ada detail announce (pengumuman yang lebih rinci) lagi," ujar Kemal Azis Stamboel lagi.(*)

Pewarta: ferly
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009