Tasikmalaya (ANTARA News) - Ribuan anak-anak berbagai sekolah dasar (SD) dan taman kanak-kanak (TK) di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, ikut memeriahkan pawai taruf dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1431 Hijriah, Ahad.

Para anak-anak tersebut berjalan kaki dengan mengenakan berbagai macam seragam muslim dari masing-masing kelompok secara baris-berbaris sambil membawa bendera kecil berwarna.

Peserta pawai dipandu dengan guru dan orang tuanya tampak bergembira sambil melantunkan syair-syair Islam sambil tetap berjalan mengikuti pembina penunjuk arah pawai.

Selain pawai dengan berjalan kaki sebagian anak ada yang menumpangi becak serta kendaraan roda dua dan empat dengan hiasan pernak-pernik yang menarik.

Pawai kemeriahan dalam menyambut 1 Muharam 1431 H bertepatan 18 Desember 2009 itu diiringi lagu-lagu bernuansa Islami dengan alat musik sederhana.

Pawai yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB di jalan Padasuka, kecamatan Tawang, melintasi beberapa ruas jalan di pusat kota Tasikmalaya seperti jalan Ahmad Yani dan jalan Pancasila disambut antusias warga setempat yang dilintasi pawai.

Salah seorang warga, jalan Padasuka, Ny Imas, mengatakan pawai tersebut sering digelar oleh anak-anak setiap tahunnya dalam penyambutan tahun baru Islam.

"Ini pawai dalam menyambut tahun baru Islam yang selalu dilakukan anak-anak SD dan TK," katanya.

Menurutnya penampilan anak-anak melakukan pawai sambil berjalan kaki diiirngi kendaraan hias cukup menarik perhatian sebagai hiburan masyarakat di hari libur Minggu.

Ia berharap kegiatan tersebut terus digelar setiap tahunnya dalam memeriahkan tahun baru Islam sebagai salah satu upaya meningkatkan ke taqwaan dan keimanan di kalangan anak-anak.

"Anak-anak senang kalau diajak pawai tersebut, mungkin dengan cara itu anak-anak bisa tahu banyak tentang Islam," katanya.

Sementara itu sebelumnya di kota Tasikmalaya pada Kamis, (17/12) secara serempak pemerintah kota menggelar pawai ta`aruf yang diikuti oleh seluruh masyarakat di 10 kecamatan.

Kemeriahan pawai ta`aruf dalam menyambut 1 muharam yang dihadiri wali kota dan wakilnya serta unsur muspida di kota Tasikmalaya berlangsung meriah.(*)

Pewarta: handr
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009