Jember (ANTARA News) - Sebanyak 600 telur penyu di kawasan konservasi Pantai Sukamade yang dikelola Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) Jember, Jawa Timur, berhasil diselamatkan dari aksi pencurian yang dilakukan oleh SW (36), warga Dusun Sumber Langsep Desa Sukamade Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Resor Sarongan, Wiwied Widodo, Jumat, mengatakan bahwa petugas menangkap SW berawal dari penemuan lima lubang sarang penyu di Pantai Sukamade yang sudah kosong.

"Petugas kemudian berkeliling dan berhasil menangkap SW dengan membawa 600 telur penyu hijau (Chelonia Mydas) di sekitar pantai Sukamade," katanya.

Pihak TNMB, kata Wiwied, menduga kuat bahwa SW terlibat sindikat pencuri dan perdagangan telur penyu secara ilegal karena beberapa warga sekitar Pantai Sukamade melihat beberapa orang bersama SW.

"Dugaan petugas, tersangka tidak beraksi sendirian dan masih ada pencuri telur lainnya yang beraksi di Pantai Sukamade," katanya menerangkan.

Wiwied menjelaskan, saat ini tersangka ditahan di Polisi sektor (Polsek) Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi untuk diproses lebih lanjut, sedangkan barang bukti 600 telur penyu langsung dibawa kembali ke Pantai Sukamade untuk ditetaskan.

"Hanya sebagian kecil yang dijadikan barang bukti di polsek setempat agar ekosistem penyu hijau di pantai Sukamade tetap terpelihara," katanya.

Ia mengungkapkan, aksi pencurian sering terjadi di kawasan pantai Sukamade sehingga para petugas melakukan patroli secara rutin dari pukul 20.00 WIB hingga 05.00 WIB secara bergantian.

"Petugas akan lebih waspada dan melakukan pemeriksaan terhadap lalu lintas orang dan kendaraan yang keluar dari pantai Sukamade.(*)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2009