London (ANTARA News/AFP) - Pasar saham Eropa melonjak lebih tinggi pada Senin waktu setempat, didorong oleh penguatan awal perdagangan di Wall Street dan kinerja baik di sektor minyak.

Di London, indeks FTSE 100 naik 1,87 persen menjadi ditutup pada 5.293,99 poin, sementara di Paris indeks CAC 40 bertambah 2,05 persen menjadi berakhir pada 3.872,06. Di Frankfurt, indeks Dax 30 naik 1,70 persen mengakhiri hari di 5.930,53 poin.

Tempat lain di Eropa ada kenaikan 1,60 persen di Madrid, 1,81 persen di Amsterdam dan 1,19 persen di Milan.

Harga di pasar obligasi jatuh. Imbal hasil pada obligasi Jerman 10-tahun adalah 3,186 persen setelah 3,133 persen pada Jumat. Imbal hasil obligasi OAT Perancis bangkit menjadi 3,437 persen dari 3,378 persen. Harga dan hasil obligasi bergerak berlawanan arah.

Saham AS terdorong naik pada Senin di tengah optimisme mengenai perbaikan ekonomi, dengan berharap pasar untuk "rally" Santa Claus menjelang liburan Natal minggu ini.

Dow Jones Industrial Average melompat 1,05 persen menjadi 10.437,57 pada tengah hari karena para investor menyambut peningkatan tanda-tanda bahwa AS dan ekonomi global "rebound" dari resesi.

Indeks saham teknologi Nasdaq naik 1,20 persen menjadi 2.238,33.

"Bull berada dalam suasana hati gembira," kata para analis Charles Schwab & Company dalam sebuah catatan kepada kliennya dalam perdagangan diperpendek minggu libur menjelang Natal Jumat.

"Kekhawatiran mengenai status utang pemerintah global dan memudarnya kegelisahan mengenai kesehatan sektor keuangan Eropa membantu dukungan sentimen di Wall Street," kata para analis.

Investor melihat meningkatnya tanda-tanda bahwa perekonomian AS rebound tetapi ada kekhawatiran Federal Reserve akan memperketat kondisi kredit mudah yang ada karena ekonomi terbesar dunia jatuh ke dalam resesi pada Desember 2007, analis mengatakan.

"Akan ada pembicaraan mengenai rally Santa Claus minggu ini," kata analis Briefing.com Patrick O`Hare, tetapi memperingatkan bahwa setiap pasar yang selama periode ini tak bergairah bisa juga memicu penjualan.

Investor juga akan memonitor serangkaian data ekonomi yang akan dirilis awal Selasa yang bisa mencerminkan langkah pemulihan ekonomi.

Mereka termasuk revisi terakhir pertumbuhan ekonomi AS untuk kuartal ketiga, diperkirakan tidak berubah pada 2,8 persen.

Laporan yang juga akan dirilis adalah penjualan rumah baru dan rumah yang telah ada serta pendapatan dan pengeluaran pribadi.

Di London sentimen didukung oleh sektor minyak. Shell naik 2,79 persen pada laporan berita bahwa mereka akan menjual sebagian dari ladang di Nigeria senilai naik menjadi 5,0 miliar dolar dalam rangka untuk mengurangi eksposur di negeri ini.

Cairn naik 4,66 persen setelah mengumumkan bahwa mereka akan mulai melakukan eksplorasi minyak di lepas pantai Greenland tahun depan, setahun lebih awal dari jadwal.

Di Paris grup minyak Total melompat 3,13 persen.

Bank, yang menderita kerugian minggu lalu, bangkit kembali, dengan Credit Agricole naik 1,71 persen dan BNP Paribas naik 2,72 persen.

Di Frankfurt sebuah keuntungan 2,01 persen di sektor baja oleh ThyssenKrupp dan sebuah kenaikan 1,59 persen oleh Salzgitter mencerminkan sebuah proyeksi oleh federasi produsen baja dari kenaikan produksi 10-15 persen tahun depan.

Di Asia, Senin, acuan Tokyo Stock Exchange indeks Nikkei-225 indeks meningkat 0,41 persen menjadi 10.183,47 poin, finish terbaik sejak 27 Oktober, diangkat oleh sebuah pengarah positif dari Wall Street.(*)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009