Tokyo (ANTARA News/Reuters) - Pelatih Jepang Takeshi Okada mengecam Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) karena menolak memberi ijin timnya memainkan pertandingan pemanasan Piala Dunia pada Maret.

Okada ingin memberi timnya tes ketat sebelum Piala Dunia tahun depan dengan bertandang ke tim Cristiano Ronaldo, Portugal, dalam pertandingan persahabatan pada 3 Maret.

Akan tetapi, pernyataan AFC kepada ofisial Jepang, bahwa mereka tidak bisa menukar jadwal pertandingan kualifikasi Piala Asia melawan Bahrain pada hari yang sama, memicu kemarahan Okada.

"Ini tahun Piala Dunia. Jika AFC ingin tim-tim Asia berhasil dengan baik di Piala Dunia maka tidak seharusnya mereka menjadwalkan pertandingan-pertandingan Piala Asia pada hari pertandingan internasional FIFA" kata pelatih Jepang itu dalam media Jepang, Rabu.

Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) berencana menjadwalkan 11 pertandingan sebelum Piala Dunia tahun depan di Afrika Selatan, termasuk pertandingan kualifikasi Piala Asia.

Tim "Samurai Biru" juga melawan China, Hong Kong dan sesama tim yang lolos ke Piala Dunia, Korea Selatan di kandang sendiri pada kejuaraan Asia Timur Februari mendatang.

Lawan Jepang untuk pertandingan persahabatan pada 2 Februari, 7 April dan 24 Mei belum dipastikan, sementara ofisial JFA berkeinginan menambah tiga jadwal lagi sebelum Piala Dunia.

Jepang, yang akan berusaha memenangi putaran final Piala Dunia pertama mereka di luar negaranya di Afrika Selatan, mendapat undian bersama Belanda, Kamerun dan Denmark dalam Grup E. (*)

Pewarta: luki
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009