Musi Rawas (ANTARA News) - Praktisi hukum dan aktivis sosial kemasyarakatan, Eggi Sudjana, menyatakan, Pansus angket DPR yang membahas kasus Bank Century jangan mengecewakan rakyat dan harus menuntaskan kasus tersebut.

"Kalau sampai Pansus DPR bermain-main dengan kasus ini akan mengecewakan rakyat," kata Eggy saat berada di Kabupaten Musi Rawas, Sumsel, Rabu.

Kasus Bank Century sudah mencuat sejak tahun 2008 atau setahun sebelum bail out dan 12 bulan setelah bail out seharusnya sudah diverifikasi dan diaudit secara benar.

Sebab pada 2008, kondisi keuangan negara relatif bagus dan tingkat inflasi tidak membahayakan, sehingga tidak ada alasan mengatakan kondisi tersebut sistemik, namun sayang hal tidak ditanyakan Pansus DPR kepada Wapres Boediono yang juga mantan Gubernur Bank Indonesia.

Belajar dari kekurangan tersebut, ia mengingatkan dewan agar mengulang pemanggilan Menteri Keuangan Sri Mulyani, sehingga akan diketahui satu tahun sebelum bail out dan satu tahun sesudah bail out serta berbagai perubahan yang terjadi.

"Kalau tidak ada perubahan yang signifikan berarti terjadi perampokan uang negara," katanya menegaskan.

Sedangkan itu untuk mengusut dam memeriksa pejabat negara yang harus lebih dulu nonaktif dari jabatannya agar tidak mengganggu kinerja mereka.

Ia juga mengimbau Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar berlaku adil dan tidak melindungi bawahannya jika terbukti bersalah.

Posisi Menkeu Sri Mulyani sendiri dalam kasus tersebut, tambahnya saat itu sebagai ketua Komite Kebijakan Sektor Keuangan (KKSK), sehingga dianggap paling bertanggung jawab.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009