Jakarta (ANTARA News) - PT XL Axiata Tbk (XL) menyatakan jaringannya siap menghadapi lonjakan layanan seluler pada Hari Natal dan Tahun Baru, yang diprediksi meningkat rata-rata 20 persen dibanding hari biasa.

"Jaringan XL sudah disiapkan untuk mengantisipasi peningkatan trafik layanan komunikasi suara, SMS dan data (internet)," kata Senior General Manajer XL Axiata, Febriati Nadira, di Jakarta, Rabu.

Menurut Nadira, trafik suara masuk dan keluar (out and in) diproyeksikan meningkat 20 persen dari saat ini sekitar 755 juta panggilan per hari.

Trafik layanan pesan singkat (SMS) melonjak 21 persen dari 320 juta SMS per hari, sedangkan trafik data mencapai 3,8 terabytes per hari.

Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut diutarakan Nadira, XL meningkatkan kapasitas SMS Center (SMSC) hingga 30.000 SMS per detik.

Sementara kapasitas bandwith layanan BlackBerry sebesar 180 Mbps.

"XL merupakan operator penyedia layanan Blackberry dengan kapasitas terbesar di Indonesia, dengan koneksi langsung ke RIM melalui dual carrier partner," tegas Nadira.

Ia menuturkan, penambahan kapasitas utk data core sekitar 30 persen.

Untuk memberi kenyamanan para pelanggan yang bepergian pada dua hari besar keagamaan tersebut, operator ini juga menambah tiga 3 Mobile Switching Center (MSC) di Sumatera dan Jawa Timur.

"Penambahan kapasitas menara radio pemancari (Base Transceiver Station/BTS) sebesar 30-40 persen juga dilakukan di semua area layanan terutama di hotspot area," tandas Nadira.(*)

Pewarta: luki
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009