Jakarta (ANTARA News) - Jalan-jalan raya di wilayah DKI Jakarta menjelang Hari Natal dan libur akhir tahun, Kamis, tampak lengang tidak seperti hari-hari sebelumnya yang selalu dilanda macet.

Lalu lintas yang lancar tampak di Jalan Ir Juanda yang menghubungkan antara Ciputat dan daerah Pasar Jumat dan Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Warga yang biasanya membutuhkan waktu untuk melintasi jalan tersebut sekitar 30 menit, maka pada Kamis pagi ini waktu yang dibutuhkan adalah antara 5-10 menit.

Sementara arus lalu lintas di Jalan Raya Warung Buncit, Jalan Casablanca yang menghubungkan antara Kuningan dan Tebet, juga sangat lancar.

Kondisi yang sama juga terjadi di berbagai jalan protokol ibukota seperti Jalan MT Haryono-Gatot Subroto dan ruas jalan tol dalam kota.

Kepadatan terjadi hanya di sejumlah ruas jalan seperti di Jalan Kalimalang dari arah Bekasi menuju Kampung Melayu. Namun, untuk arah sebaliknya terpantau lancar.

Lalu lintas di beberapa jalan raya ibukota lengang menyusul diberlakukannya cuti bersama Natal mulai hari ini, meski tampak sejumlah perkantoran yang pegawainya masih masuk kantor dan dijadwalkan pulang lebih cepat.

"Kantor saya biasanya pulang pukul 17.00 WIB tetapi pada hari ini akan pulang lebih cepat yaitu pada jam 15.00 WIB," kata Lulu, pegawai penerbitan di daerah Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Sementara itu, pada periode liburan tanggal 24-27 Desember, peraturan "3 in 1" di sejumlah jalan protokol tidak berlaku.

"Selama masa liburan mulai 24 hingga 27 Desember, aturan pembatasan penumpang atau 3 in 1 tidak berlaku," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Condro Kirono.

Menurut dia, tidak berlakunya kebijakan "3 in 1" tersebut karena arus lalu lintas pada masa liburan diperkirakan akan lengang.
(*)

Pewarta: luki
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009