Medan (ANTARA News) - Bersamaan dengan Hari Natal, Jumat, hujan lebat mengguyur Kota Medan di pagi hari dan jalan-jalan protokol di ibukota Provinsi Sumatra Barat itu tampak sepi.

Meski jalan-jalan sepi, namun sejak pagi umat Kristiani di kota itu sudah datang ke gereja untuk menjalankan ibadah.

Di gereja Katedral Jalan Pemuda Medan, bahkan jemaat membludak hingga di luar halaman gereja. Beruntung hujan lebat yang mengguyur sejak pukul 08.00, sudah mereda dan hanya rintik-rintik sekitar pukul 10.30 WIB.

Suasana sepi tampak di Jalan Sudirman, Jalan Imam Bonjol dan beberapa jalan lainnya di pusat kota.

Toko tutup


Sementara itu, toko-toko berlokasi di Jalan Raden Saleh, Jalan Semarang, Jalan Pemuda Medan tutup dan tidak ada kegiatan seperti hari-hari biasaya.

Begitu juga pertokoan di Jalan Brigjend Katamso, Jalan Perniagaan, Jalan Sisingamangaraja Medan juga tidak buka pada Hari Natal tersebut.

Beberapa unit pertokoan ada juga yang buka, yakni menjual alat-alat olah raga dan peralatan musik di Jalan Ahmad Yani Medan.

Pertokoan yang buka itu berada di daerah Kesawan Medan yang selama ini dijadikan pusat bisnis di kota yang berpenduduk 2 juta jiwa tersebut.

Sementara itu, dalam mengamankan Hari Natal tahun 2009 dan Tahun Baru 2010 di Kota Medan, pihak Poltabes mengerahkan ribuan personelnya.

Petugas kepolisian tersebut dikerahkan di beberapa lokasi yang selama ini diangggap rawan terhadap aksi kejahatan yang dapat mengganggu keamanan warga di kota itu.

Selain itu, petugas dari Poltabes Medan juga mengawasi lokasi pusat perbelanjaan seperti Medan Mall, Yuki Simpang Raya, Deli Plaza, Medan Plaza, Sun Plaza, kantor-kantor milik pemerintah, gereja, hotel dan tempat-tempat lainnya.
(*)

Pewarta: bwahy
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009