Aceh (ANTARA News) - Wakil Presiden RI, Boediono, dipastikan akan menghadiri acara peringatan lima tahun tsunami yang dipusatkan di Komplek Pelabuhan Ulee Lheue, Gampong Pante Cermin, Aceh.

"Acara ini akan dihadiri oleh Wapres RI, Boediono," kata Gubernur NAD, Irwandi Yusuf di Aceh, Sabtu pagi. Sejumlah persiapan untuk acara renungan lima tahun tsunami telah tampak dilakukan di Aceh.

Menurut rencana, acara akan dimulai pada pukul 09.00 WIB dirangkai dengan dzikir dan tahlil.

Pada kesempatan itu juga akan hadir sejumlah tokoh dan ulama Aceh serta para pemangku kepentingan. Diperkirakan 6.000 orang akan membanjiri Komplek Pelabuhan Ulee Lheu untuk mengikuti acara tersebut.

Peringatan lima tahun tsunami merupakan kegiatan renungan pasca-tragedi kemanusiaan yang mengambil tema "Peringatan Lima Tahun Tsunami, Momentum Kebangkitan Menuju Aceh Makmur, Sejahtera, dan Bermartabat."

Sejumlah rangkaian acara yang akan digelar adalah peresmian berbagai proyek Badan Kesinambungan Rekonstruksi Aceh (BRKA), seminar, pameran tsunami, dan pagelaran budaya di Aceh Tsunami Museum.

Gubernur menyatakan, lima tahun pasca-tsunami, Aceh telah menuju ke arah pembangunan yang semakin positif.

"Setelah 27 tahun konflik dan dihantam tsunami, Aceh sekarang menuju titik nol dari sebelumnya negatif untuk kemudian ke arah positif," katanya.(*)

Pewarta: adit
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009