Kuala Lumpur (ANTARA) - Pelantikan Pengurus Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Universiti Teknologi MARA (UiTM) 2020 - 2021 yang berlangsung secara daring dari Shah Alam, Selangor, Malaysia, dirangkaikan dengan Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-75, Senin.

Ketua PPI UiTM, Inna Junaenah yang juga mahasiswa S3 Fakultas Hukum UiTM dalam sambutan pelantikan mengatakan, saat ini terdapat 68,8 persen mahasiswa Indonesia yang sedang mengejar Phd dan 31,3 persen yang sedang menempuh master di UiTM.

"Jumlah mahasiswa Internasional terbanyak di jenjang pascasarjana. Oleh karena itu, khusus untuk IPSis dan UiPS sebagai satu paket, kami membuka pintu untuk membangun kolaborasi di masa depan," katanya.

Inna juga menawarkan bantuan kepada mahasiswa internasional di UiTM jika ingin mengkonsolidasikan rekan-rekan satu negaranya.

Baca juga: PPI Malaysia kunjungi Education Malaysia Global Services

Sementara itu Dekan IPSIS UiTM, Prof Dr. Haslinda Yusoff dalam sambutannya mengatakan PPI-UiTM merupakan postgraduate student organization atau organisasi mahasiswa pascasarjana pertama yang berbasis negara.

"IPSIS menantikan kolaborasi program, baik bernuansa akademik, budaya dan olahraga. PPI UiTM dapat dikembangkan di bawah lingkup UiPS. Kami memandang PPI UiTM sebagai bagian dari promosi universitas," katanya.

Acara itu dihadiri Dekan IPSIS UiTM, Prof Dr. Haslinda Yusoff, Ketua PPI Malaysia M. Raziv Syarif, Wakil Ketua PPIM M. Haidar, Presiden UiTM Postgraduate Society (UiPS) Ahmad Farouk Bin Zulkifli, Wakil Presiden Muhammad Izzat bin Eshak.

Kemudian Ketua dan Pengurus PPI UiTM, Ketua PPI IIUM, Ketua PPI MSU, Ketua PPI-UPM, mantan mahasiswa student exhange dan tamu internasional.

Baca juga: PPI: Bantu lebih banyak lagi pekerja migran di Malaysia terancam lapar

Acara yang dipandu oleh Virtha Akbariza (mahasiswa master) tersebut diawali dengan doa, penayangan video sejarah kelahiran dan tujuan PPI UiTM serta pengenalan pengurus PPI UiTM diiringi pemutaran lagu "Indonesia Pusaka".

Setelah itu dilanjutkan dengan penayangan lagu kebangsaan Malaysia "Negaraku" dan "Wawasan Setia Warga UiTM".

Kemudian acara diisi dengan penampilan lagu "Tanah Airku" yang dibawakan mahasiswa student exchange (pertukaran mahasiswa) Unmer Malang Yetty Wulandari yang diproduseri oleh Renato Sitompul.

Sementara itu Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 ditandai menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan teks Pancasila oleh Indah Dwi Lestanti (mahasiswa S3), pembukaan UUD 1945 oleh Destika Uky (mahasiswa master) dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.

Sedangkan pelantikan pengurus oleh Ketua PPIM M Rajiv Syarif dilakukan pada acara sesi kedua karena sebelumnya mahasiswa S3 IIUM tersebut menghadiri Peringatan HUT RI yang diselenggarakan PPI IIUM.

Baca juga: PPI Malaysia distribusi bahan makanan ke mahasiswa
Baca juga: KJRI Johor - PPI USIM distribuskan sembako ke WNI Negeri Sembilan

 

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020