London (ANTARA News/Reuters) - Chelsea meraih kemenangan kandang 2-1 atas saingannya dari kawasan London barat, Fulham, Senin, saat dua gol dalam dua menit yang salah satunya gol bunuh diri, menyelamatkan mereka dari kemungkinan kekalahan kandang pertama selama lebih dari setahun.

Tottenham Hotspur kembali naik ke posisi empat teratas dengan kemenangan 2-0 atas rival mereka di London West Ham United, sementara pada hari yang sama Manchester City memberi bos baru mereka Roberto Mancini kemenangan kedua berturuut-turut dengan kemenangan 3-0 di kandang Wolverhampton Wanderers.

Kemenangan Chelsea membuat mereka unggul lima poin dari Manchester United di puncak klasemen, meskipun United masih punya satu pertandingan di tangan melawan Wigan Athletic, Rabu.

Chelsea mengumpulkan 45 poin dari 20 pertandingan, diikuti United dengan 42 dari 19 pertandingan, Arsenal 38 dari 19 pertandingan dan Spurs 37 dari 20 kali main. Aston Villa di posisi kelima dengan 35 poin dari 20 pertandingan diikuti Manchester City yang menghimpun 35 angka dari 19 kali pertandingan.

City, yang memberi manajer baru Mancini kemenangan di awal dengan memgalahkan Stoke 2-0 pada Sabtu, mengikuti keberhasilan tersebut dengan penampilan sangat bagus di kandang Wolves dengan Carlos Tevez mencetak gol duakali dan satu gol lainnya dari Javier Garrido, yang mencetak gol dengan tendangan bebas.

"Itu penampilan yang luar biasa," kata Mancini, yang mengambil alih dari Mark Hughes pada 19 Desember dan memimpin City meraih kemenangan tandang pertama mereka selama empat bulan.

"Bermain seperti itu hanya dalam dua hari setelah mengalahkan Stoke membuat saya sangat senang karena kami bermain sangat baik. Kami sedikit kesulitan dalam pertandingan tersebut tetapi saya sangat gembira bagi para pemain."

Birmingham City naik ke urutan ketujuh dengan 32 angka setelah kemenangan 1-0 mereka atas Stoke City memperpanjang laju tak terkalahkan dengan rekor 11 pertandingan.

Fulham unggul lebih dalam selama empat menit di Stamford Bridge melalui gol Zoltan Gera sebelum Didier Drogba mencetak gol sundulan pada menit ke-73 dan gol bunuh diri dari debutan Liga Premier Chris Smalling dua menit kemudian menyelamatkan Chelsea, yang sudah kalah satu dan imbang dalam tiga dari lima pertandingan liga mereka.

Pembuka

Fulham, yang mengalahkan Manchester United sembilan hari lalu dan juga menumbangkan Liverpool pada Oktober, mengawali pertandingan dengan baik di tempat mereka tidak pernah menang selama 30 tahun dengan Gera mencetak gol pembuka.

Chelsea segera menyerang tetapi meskipun mereka mendominasi penguasaan bola selama sisa babak pertama mereka kesulitan menciptakan peluang.

Mark Schwarzer menyelamatkan dengan baik usaha Drogba setelah pertandingan berlangsung satu jam, mengangkat harapan Fulham untuk bertahan tetapi pertandingan kemudian digenapi.

Drogba, yang akan bermain membela negaranya dalam Piala Afrika pada Senin, menyamakan kedudukan dengan menyundul umpan silang Branislav Ivanovic dan Schwarzer kemudian menepis tembakan Daniel Sturridge mengenai rekan setimnya Smalling yang menghasilkan gol bunuhdiri.

"Tidak mudah untuk mengubah permainan setelah babak pertama. Kami tidak bermain dengan baik," kata manajer Chelsea Carlo Ancelotti kepada Sky Sports.

"Pada babak kedua kami bermain dengan lebih nekad. Kami ingin memenangi pertandingan ini dan kami mengubah sistemnya. Kami berhasil melakukan pekerjaan dengan luar biasa."

Bos Fulham Roy Hodgson mengatakan, "Memimpin dalam waktu lama dan mempertahankan keunggulan selama lebih dari 70 menit dan kemudian kemasukan dua gol dalam dua menit agak berat."

"Saya kecewa dengan hasilnya, pasti, tetapi agak dilambungkan oleh penampilannya," katanya.

Tottenham terus mendorong ke posisi empat besar dengan kemenangan atas West Ham di White Hart Lane.

Terobosan dari pemain sayap Aaron Lennon menyiapkan Luka Modric, yang tampil sebagai pemain pembuka untuk pertakalinya sejak Agustus, yang mencetak gol setelah 11 menit sementara Jermain Defoe menambahkannya sembilan menit menjelang pertandingan usai setelah serangan balik yang tajam.

Program selama liburan berlanjut pada Selasa ketika Villa menjamu Liverpool (1945GMT) dan Bolton Wanderers bertemu Hull City (2000) dalam pertandingan antara dua dari tiga klub terbawah. (*)

Pewarta: ricka
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009