Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah jalan raya di Jakarta, Kamis malam hingga pukul 21.00 WIB tetap lancar dan tidak ada kemacetan padahal ruas-ruas jalan itu selalu didera kemacetan menjelang pergantian tahun baru.

Pantauan ANTARA menyebutkan, Jl Pondok Indah, Jl Pakubuwono hingga Jl Mustofa lancar dan didominasi oleh pengendara sepeda motor.

Jl MT Haryono, Dewi Sartika, Otista, Mampang Prapatan, Rasuna Said dan Matraman juga tidak terjadi kemacetan.

Hal yang sama juga terjadi di jalan raya yang mengarah ke jembatan Semanggi antara lain Jl Sisingamangaraja, Gatot Subroto dan Sudirman.

Arus lalu lintas sempat tersendat di Jl Sudirman arah Bundaran HI karena banyak warga yang menikmati malam tahun baru di kawasan itu.

Kondisi ini diduga karena tidak adanya perayaan menyambut tahun baru di Monas sehingga arus lalu lintas ke arah Monas juga lancar.

Traffic Management Center Polda Metro Jaya juga menegaskan bahwa arus lalu lintas di sejumlah jalan raya ramai lancar.

Situasi arus lalu lintas dari Bundaran Senayan - Semanggi - Bundaran HI hingga Harmoni atau sebaliknya lancar.

Polda Metro Jaya jauh sebelumnya juga telah melarang warga untuk menggelar konvoi di jalan raya, menggunakan kendaraan terbuka untuk mengangkut penumpang dan naik ke atas bus.

"Kami akan menindak tegas konvoi apalagi yang mengunakan bak terbuka," kata Direktur Lalu lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Condro Kirono.

Ia mengatakan, tindakan tegas dilakukan karena konvoi hanya akan menambah kemacetan arus lalu lintas di malam tahun baru.

Polda Metro juga akan menindak sepeda motor yang dinaiki lebih dari dua orang karena membahayakan keselamatan pengendara maupun orang lain.

Condro Kirono menghimbau agar masyarakat mematuhi semua peraturan rambu-rambu lalu lintas guna menjaga keselamatan dan di acara malam tahun baru dapat berjalan dengan baik.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009