Ciamis (ANTARA News) - Jalur menuju objek wisata pantai Pangandaran, kabupaten Ciamis, Jawa Barat, macet sekitar 9 km dari titik kemacetan terjadi di pintu utama masuk wisata, Kamis malam.

Kasatlantas, Polres Ciamis, Akp Dadang Gunawan, kepada wartawan, Kamis malam, mengatakan kemacetan tersebut diperkirakan sepanjang 9 km dari Pangandaran hingga Kalipucang.

"Banyaknya pengunjung yang akan merayakan pergantian tahun baru di pantai Pangandaran, sehingga terjadi kepadatan kendaraan di jalan raya menuju pantai," katanya.

Ia menerangkan kemacetan sudah tampak terjadi menjelang Kamis malam yang mulai membludaknya kendaraan dari berbagai kota seperti Tasikmalaya, Bandung bahkan dari Cialacap, Jawa Tengah.

Terjadinya kemacetan yang cukup panjang jajaran kepolisian sudah dikerahkan untuk melakukan pengamanan dan pengaturan jalan di sepanjang kemacetan.

"Kami sudah mengerahkan seluruh jajaran anggota Polantas, termasuk dari kesatuan lainnya, untuk bersiaga memantau jalan dititik kemacetan," katanya.

Sementara itu di lokasi objek wisata pantai Pangandaran, kata ketua koordinator petugas balawisata yang melakukan penjagaan pengamanan pantai, Asep Dudi mengatakan bibir pantai Pangandaran sudah dipadati pengunjung.

"Banyak sekali pengunjung di malam tahun baru sekarang, semua kawasan pantai hampir dipenuhi pengunjung," katanya.

Ia menjelaskan ramainya pantai yang dipadati pengunjung sudah terjadi sejak Kamis sore, bahkan terus bertambah hingga menjelang malam dan kemungkinan akan terus bertambah pada puncak tahun baru.

Bahkan di pintu tol gate atau pintu utama masuk pantai Pangandaran volume kendaraan cukup antri bahkan terjadi kemacetan yang cukup panjang.

"Di jalan dekat pantai termasuk di pintu masuk kendaraan cukup banyak sehingga macet," katanya.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009