Jakarta (ANTARA News) - Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur menjelang malam pergantian tahun mulai dipadati pengunjung.

Dari pantauan ANTARA, Kamis (31/12) malam, kepadatan pengunjung yang mendatangi kawasan wisata tersebut, mulai terasa pada pukul 21.00 WIB.

Kemacetan panjang terjadi sejak dari depan Mall Taman Mini sampai ke pintu gerbang, terlebih lagi di Masjid At-Tien ada kegiatan dzikir hingga menambah kemacetan.

Kemacetan tersebut disebabkan juga oleh banyaknya kendaraan motor dan mobil yang parkir menjelang pintu masuk TMII.

Pengunjung yang datang tidak hanya dari wilayah Jakarta dan sekitarnya, namun tidak sedikit yang berasal dari kawasan Jawa Barat.

"Puncak pengunjung biasanya mulai terjadi pada pukul 22.00 WIB," kata salah seorang penjaga pintu masuk TMII.

Sementara itu, banyak pengunjung yang sengaja tidur-tiduran beralaskan tikar yang sengaja dibawa dari rumah di kawasan monumen TMII, menunggu datangnya malam pergantian tahun.

"Saya sengaja datang dari Bogor, ingin menikmati malam pergantian tahun di TMII," kata Hendra, salah satu pengunjung TMII.

Bahkan dirinya beserta keluarga, sengaja datang ke TMII sejak maghrib, guna menghindari kemacetan.

Kendati demikian, suasana malam pergantian tahun ini, tidak semeriah tahun lalu yang ditandai hampir di seluruh ruas jalan di TMII dipadati kendaraan.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009